MGMP Bahasa Jawa SMA-SMK adalah organisasi tempat berhimpunnya segenap guru bahasa Jawa SMA-SMK di Jawa Tengah. Wadah ini merupakan wahana berkomunikasi dan mengasah keterampilan para guru bahasa Jawa dalam meningkatkan kompetensi dan mutu pengajaran, serta sebagai upaya membangun masa depan bangsa melalui pengembangan bahasa, budayaJawa, dan penanaman nilai budi pekerti kepada generasi muda, terutama dalam menghadapi tekanan serta pengaruh negatif globalisasi.

Senin, 02 Januari 2017

SILABUS BAHASA JAWA SEMESTER 1 KELAS X



SILABUS
Nama Sekolah       : SMA N 2 Kendal
Mata pelajaran        : Bahasa Jawa
Kelas /semester      : X / Gasal
Program                  : Semua Program
Tahun Pelajaran      : 2016/2017

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4  : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.

Mengamati
· membaca contoh teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur
· mencermati uraian yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan Serat Wedhatama pupuh Pangkur
Menanya
· mempertanyakan unsur-unsur pembangun Serat Wedhatama pupuh Pangkur
· membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur
Mengumpulkan informasi
· menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Pangkur
· menulis syair tembang Pangkur dengan bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan syair
tembang Pangkur tulisan teman
· menganalisis unsur-unsur pembangun
Mengkomunikasikan
· menyajikan secara lisan atau
tulisan tembang Pangkur yang ditulis
· memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri Serat
Wedhatama pupuh Pangkur
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur
· secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa
Proyek : menulis syair tembang Pangkur
Praktik : menyajikan syair tembang Pangkur yang ditulis
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Buku Bahasa Jawa
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.

3.1    Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
Wedhatama Pupuh
Pangkur
· guru gatra, guru lagu,
dan guru wilangan
· unsur pembangun teks
· nilai-nilai dalam wedhatama
· relevansi pitutur luhur dengan kondisi masyarakat saat ini
· tanggapan isi teks
· Teknik penulisan tembang Pangkur
· Teknik penyuntingan tembang Pangkur
· Teknik penyajian tembang Pangkur secara lisan atau tulisan
4.1    Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Pangkur dan menulis syair tembang Pangkur dengan bahasa sendiri, serta menyajikannya secara lisan/tulis.
1.2    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks crita cekak.

Mengamati
· membaca contoh teks crita
cekak
· mencermati uraian yang berkaitan dengan mempertanyakan unsur-unsur
pembangun crita cekak
Menanya
· mempertanyakan unsur-unsur pembangun crita cekak
· membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks
crita cekak
Mengumpulkan informasi
· menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam crita cekak
· menulis sinopsis crita cekak
dengan bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan sinopsis crita cekak tulisan teman
· menganalisis unsur-unsur pembangun
· mengaitkan nilai-nilai dengan kondisi masyarakat
saat ini
Mengkomunikasikan
· menyajikan secara lisan atau
tulisan sinopsis crita cekak yang ditulis
· memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri crita
Cekak
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks crita cekak
· secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks crita cekak secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri, tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa
Proyek : menulis sinopsis
cerkak
Praktik : menyajikan sinopsis crita cekak yang ditulis
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks Cerkak
· Buku Bahasa Jawa
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks crita cekak.

3.2    Menelaah teks crita cekak.
Teks Crita Cekak:
· unsur-unsur pembangun
· nilai-nilai yang terkandung dan relevansinya dengan kondisi masyarakat saat ini
· interpretasi isi
· teknik penulisan sinopsis
· teknik penyuntingan
sinopsis
· teknik penyajian sinopsis
4.2    Menulis dan menyajikan sinopsis teks crita cekak yang dibacanya.
1.3    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks pawarta.

Mengamati
· membaca contoh teks
pawarta
· mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah pawarta
Menanya
· mempertanyakan struktur
dan kaidah pawarta
· membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks
pawarta
Mengumpulkan informasi
· menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam
pawarta
· menulis pawarta dengan
bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan teks
pawarta tulisan teman
· menganalisis struktur dan kaidah
· memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri pawarta
Mengkomunikasikan
· membacakan teks pawarta
dengan memperhatikan lafal,
jeda dan intonasi.
· memberi tanggapan cara
pembacaan teks pawarta
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks pawarta
· secara individual peserta didik diminta menginterpretasi pokok-pokok isi teks pawarta secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa
Proyek : menulis teks pawarta
Praktik : menyajikan teks pawarta yang ditulis
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks Pawarta
· Buku Bahasa Jawa
2.3    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks pawarta.

3.3    Menelaah teks pawarta.
Teks Pawarta:
· struktur dan kaidah
· pokok-pokok isi
· tanggapan terhadap isi
· ragam, diksi, dan
unggah-ungguh basa
yang sesuai
· teknik penulisan
· teknik penyuntingan
· teknik penyajian secara
lisan atau tulisan
4.3    Menanggapi, menulis, dan menyajikan teks pawarta secara lisan/tulisan .
1.4    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang rumah adat Jawa.

Mengamati
· membaca contoh teks deskripsi tentang rumah adat
Jawa
· mencermati uraian yang berkaitan dengan pilihan kata dalam teks
Menanya
· mempertanyakan pokok-pokok isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
· mempertanyakan penggunaan kawruh kagunan basa misalnya tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka, atau bebasan
Mengumpulkan informasi
· menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
Mengasosiasi
· mendiskusikan relevansi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan kondisi masyarakat
· memberi tanggapan terhadap
isi dengan ragam sesuai konteks dan norma berbahasa
Mengkomunikasikan
· menceritakan kembali isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa menggunakan ragam bahasa sesuai konteks dan norma berbahasa
· menanggapi penceritaan kembali isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa menggunakan ragam bahasa
sesuai konteks dan norma berbahasa
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
· secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks deskripsi tentang rumah adat Jawa secara lisan maupun tulisan
· Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks deskripsi
tentang rumah adat Jawa lisan maupun tulisan
Praktik : menceritakan kembali isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp

· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks deskripsi tentang
rumah adat Jawa
· Buku Bahasa Jawa
2.4    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang rumah adat Jawa.

3.4    Menelaah teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
Teks Deskripsi tentang
Rumah Adat Jawa
· pokok-pokok isi
· kawruh kagunan basa:
tembung saroja, tembung
garba, tembung plutan,
saloka, atau bebasan
· nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan relevansi dengan kondisi masyarakat
· cara menanggapi isi
· cara menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
4.4    Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
1.5    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks 2 (dua) paragraf aksara Jawa.

Mengamati
· membaca contoh teks dua paragraf aksara Jawa yang mengitegrasikan sandhangan mandaswara
· mencermati uraian yang berkaitan kaidah penulisan aksara Jawa
Menanya
· mempertanyakan kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami
Mengumpulkan informasi
· menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam dua paragraf aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara
· menulis teks dua paragraf
aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara dari wacana berhuruf Latin
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
· berdiskusi kaidah penulisan aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara
Mengkomunikasikan
· menyajikan secara lisan atau
tulisan dua paragraf aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara yang ditulis
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah penulisan aksara Jawa
yang menggunakan sandhangan mandaswara
· secara individual peserta
didik diminta pokok-pokok
isi paragraf aksara Jawa
Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam pembelajaran
Proyek : menulis dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan sandhangan mandaswara
Tes Tertulis
3 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks Aksara Jawa
· Buku Bahasa Jawa
2.5    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks dua paragraf aksara Jawa.

4.5    Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua) paragraf yang menggunakan sandhangan mandaswara.
Dua Paragraf Aksara
Jawa:
· Kaidah penulisan aksara Jawa dalam paragraf yang menggunakan sandhangan mandaswara
· pokok-pokok isi
· menulis paragraf aksara
Jawa
· teknik penyuntingan paragraf berhuruf Jawa
· teknik penyajian secara
lisan atau tulisan
4.5    Menulis dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara.

Mengetahui                                                                                                                                                     Kendal, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                 

Yuniasih, S. Pd,M.Pd                                                                        Dwi Syaeful M, S.Pd
NIP.196406221987032007                                                               NIP. 198609052011011010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar