SILABUS
Nama
Sekolah : SMA N 2 Kendal
Mata
pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas
/semester : X / Gasal
Program : Semua Program
Tahun Pelajaran : 2016/2017
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur
· mencermati
uraian yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, dan guru
wilangan Serat Wedhatama pupuh Pangkur
Menanya
· mempertanyakan
unsur-unsur pembangun Serat Wedhatama pupuh Pangkur
· membuat pertanyaan
yang
berhubungan dengan
isi teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di dalam Serat
Wedhatama pupuh Pangkur
· menulis
syair tembang Pangkur dengan bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan
syair
tembang Pangkur tulisan teman
· menganalisis
unsur-unsur pembangun
Mengkomunikasikan
· menyajikan
secara lisan atau
tulisan tembang
Pangkur yang ditulis
· memberi
tanggapan isi dengan bahasa sendiri Serat
Wedhatama pupuh Pangkur
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks Serat Wedhatama
pupuh Pangkur
· secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks Serat
Wedhatama pupuh Pangkur secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa
Proyek : menulis syair tembang Pangkur
Praktik : menyajikan syair tembang Pangkur yang ditulis
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
|
|||||
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
|
Wedhatama Pupuh
Pangkur
· guru gatra, guru lagu,
dan guru wilangan
· unsur
pembangun teks
· nilai-nilai
dalam wedhatama
· relevansi pitutur
luhur dengan kondisi masyarakat saat ini
· tanggapan
isi teks
· Teknik
penulisan tembang Pangkur
· Teknik
penyuntingan tembang Pangkur
· Teknik
penyajian tembang Pangkur secara lisan atau tulisan
|
||||
4.1 Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Pangkur dan
menulis syair tembang Pangkur dengan bahasa sendiri, serta menyajikannya
secara lisan/tulis.
|
|||||
1.2 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks crita cekak.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks crita
cekak
· mencermati
uraian yang berkaitan dengan mempertanyakan unsur-unsur
pembangun crita
cekak
Menanya
· mempertanyakan
unsur-unsur pembangun crita cekak
· membuat
pertanyaan yang
berhubungan dengan
isi teks
crita cekak
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di dalam crita
cekak
· menulis
sinopsis crita cekak
dengan bahasa
sendiri
Mengasosiasi
· menyunting
kesalahan sinopsis crita cekak tulisan teman
· menganalisis
unsur-unsur pembangun
· mengaitkan
nilai-nilai dengan kondisi masyarakat
saat ini
Mengkomunikasikan
· menyajikan
secara lisan atau
tulisan sinopsis crita
cekak yang ditulis
· memberi
tanggapan isi dengan bahasa sendiri crita
Cekak
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks crita cekak
· secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks crita cekak secara
lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri, tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa
Proyek : menulis sinopsis
cerkak
Praktik : menyajikan sinopsis crita cekak yang ditulis
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks Cerkak
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks crita cekak.
|
|||||
3.2 Menelaah teks crita cekak.
|
Teks Crita Cekak:
· unsur-unsur
pembangun
· nilai-nilai
yang terkandung dan relevansinya dengan kondisi masyarakat saat ini
· interpretasi
isi
· teknik
penulisan sinopsis
· teknik
penyuntingan
sinopsis
· teknik penyajian sinopsis
|
||||
4.2 Menulis dan menyajikan sinopsis teks crita cekak yang
dibacanya.
|
|||||
1.3 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks pawarta.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks
pawarta
· mencermati
uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah pawarta
Menanya
· mempertanyakan
struktur
dan kaidah pawarta
· membuat
pertanyaan yang
berhubungan dengan
isi teks
pawarta
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
pokok-pokok isi
yang terkandung di
dalam
pawarta
· menulis pawarta
dengan
bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting
kesalahan teks
pawarta tulisan teman
· menganalisis
struktur dan kaidah
· memberi
tanggapan isi dengan bahasa sendiri pawarta
Mengkomunikasikan
· membacakan
teks pawarta
dengan memperhatikan
lafal,
jeda dan intonasi.
· memberi
tanggapan cara
pembacaan
teks pawarta
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks pawarta
· secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi pokok-pokok isi teks pawarta
secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa
Proyek : menulis teks pawarta
Praktik : menyajikan teks pawarta yang ditulis
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks Pawarta
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks pawarta.
|
|||||
3.3 Menelaah teks pawarta.
|
Teks Pawarta:
· struktur dan
kaidah
· pokok-pokok
isi
· tanggapan
terhadap isi
· ragam,
diksi, dan
unggah-ungguh basa
yang sesuai
· teknik
penulisan
· teknik
penyuntingan
· teknik
penyajian secara
lisan atau
tulisan
|
||||
4.3 Menanggapi, menulis, dan menyajikan teks pawarta secara
lisan/tulisan .
|
|||||
1.4 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang rumah adat Jawa.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks deskripsi tentang rumah adat
Jawa
· mencermati
uraian yang berkaitan dengan pilihan kata dalam teks
Menanya
· mempertanyakan
pokok-pokok isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
· membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
· mempertanyakan
penggunaan kawruh kagunan basa misalnya tembung saroja, tembung garba, tembung
plutan, saloka, atau bebasan
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di dalam
teks deskripsi tentang rumah adat Jawa
Mengasosiasi
· mendiskusikan
relevansi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan kondisi masyarakat
· memberi
tanggapan terhadap
isi dengan ragam
sesuai konteks dan norma berbahasa
Mengkomunikasikan
· menceritakan
kembali isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa menggunakan ragam bahasa
sesuai konteks dan norma berbahasa
· menanggapi
penceritaan kembali isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa menggunakan
ragam bahasa
sesuai konteks dan
norma berbahasa
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks deskripsi tentang rumah
adat Jawa
· secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks deskripsi
tentang rumah adat Jawa secara lisan maupun tulisan
· Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa melalui teks
deskripsi
tentang rumah adat
Jawa lisan maupun tulisan
Praktik : menceritakan kembali isi teks deskripsi tentang rumah
adat Jawa
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks
deskripsi tentang
rumah adat Jawa
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang rumah adat
Jawa.
|
|||||
3.4 Menelaah teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
|
Teks Deskripsi
tentang
Rumah Adat Jawa
· pokok-pokok isi
· kawruh
kagunan basa:
tembung saroja,
tembung
garba, tembung
plutan,
saloka, atau bebasan
· nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya dan relevansi dengan kondisi masyarakat
· cara
menanggapi isi
· cara
menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang rumah adat Jawa.
|
||||
4.4 Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif
tentang rumah adat Jawa.
|
|||||
1.5 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan
anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks 2 (dua) paragraf aksara
Jawa.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks dua paragraf aksara Jawa yang mengitegrasikan sandhangan mandaswara
· mencermati
uraian yang berkaitan kaidah penulisan aksara Jawa
Menanya
· mempertanyakan
kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
pokok-pokok isi
yang terkandung di
dalam dua paragraf aksara Jawa yang menggunakan sandhangan
mandaswara
· menulis teks
dua paragraf
aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara dari
wacana berhuruf Latin
Mengasosiasi
· menyunting
kesalahan aksara Jawa tulisan teman
· berdiskusi
kaidah penulisan aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara
Mengkomunikasikan
· menyajikan
secara lisan atau
tulisan dua paragraf
aksara Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara yang ditulis
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah penulisan aksara Jawa
yang menggunakan sandhangan
mandaswara
· secara
individual peserta
didik diminta
pokok-pokok
isi paragraf aksara Jawa
Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam pembelajaran
Proyek : menulis dua paragraf aksara Jawa yang
mengintegrasikan sandhangan mandaswara
Tes Tertulis
|
3 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks Aksara
Jawa
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks dua paragraf aksara Jawa.
|
|||||
4.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua)
paragraf yang menggunakan sandhangan mandaswara.
|
Dua Paragraf Aksara
Jawa:
· Kaidah penulisan
aksara Jawa dalam paragraf yang menggunakan sandhangan mandaswara
· pokok-pokok
isi
· menulis
paragraf aksara
Jawa
· teknik
penyuntingan paragraf berhuruf Jawa
· teknik
penyajian secara
lisan atau
tulisan
|
||||
4.5 Menulis dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan sandhangan
mandaswara.
|
Mengetahui Kendal, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Yuniasih, S. Pd,M.Pd Dwi Syaeful M, S.Pd
NIP.196406221987032007 NIP. 198609052011011010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar