MGMP Bahasa Jawa SMA-SMK adalah organisasi tempat berhimpunnya segenap guru bahasa Jawa SMA-SMK di Jawa Tengah. Wadah ini merupakan wahana berkomunikasi dan mengasah keterampilan para guru bahasa Jawa dalam meningkatkan kompetensi dan mutu pengajaran, serta sebagai upaya membangun masa depan bangsa melalui pengembangan bahasa, budayaJawa, dan penanaman nilai budi pekerti kepada generasi muda, terutama dalam menghadapi tekanan serta pengaruh negatif globalisasi.

Jumat, 06 Januari 2017

RPP AKSARA JAWA KELAS XII SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah              : SMA NEGERI 3 CILACAP
Mata Pelajaran   : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XII/Gasal
Materi Pokok     : Aksara Jawa menggunakan tanda baca
Alokasi waktu     : 4x 45 menit
A.   Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.   Kompetensi Dasar
1.5  Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf aksara Jawa.

2.5  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks lima paragraf aksara Jawa.

3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan teks 5 (lima) paragraf berhuruf Jawa menggunakan tanda baca.

4.5  Menulis dan menyajikan teks berhuruf Jawa lima paragraf yang menggunakan tanda baca.







C.   Indikator Pembelajaran
1.1.1     Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
1.1.2     Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
1.1.3     Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.1      Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.2      Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.3      Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.4      Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.5      Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
3.1.1      Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
3.1.2      Mengidentifikasi   bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
3.1.3      Menganalisis bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
4.1.2  Memroduksi  bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara   Swara
 4.1.3   Menyunting  bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
4.1.4   Menyajikan bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
.
D.   Materi Pembelajaran
a.    Aksara Jawa Dentawiyanjana
a n c r k
f t s w l
p d j y v
m g b q z




b.    Tanda baca
,. ?;
c.    Teks Aksara Jawa
?anai=A[mrikp[kDtau[mhkepLinDesHi=[t]mLisTi~k\,nliksmn[m=osadem\flnFlnPdluvujl/rnKtutupPnHi=[as\, an[t]mMnDegHxpFiliwtTizx[pP.[rh[nwisHxpM=ktFfip[kDme
[vCo[lotB[a,jebulKe[pL[sfTib.tuju[nmsini[sSweruh,ffize
[nTnNitzi[nsi=tib.[w=o[w=opda=guyu.ai=bti[nN[bokMenw: aikimesQi[nfufu[w=okuq.
?p[kDanai=A[mrik[armWeruh[aomhsi=duwu/duwu/,ansi=su=sunPt=puluhbr=.kan[nNai=kna[khsi=[s[jk[rongrw[lonF.
p[kDtaunu=g=sepu/si=metuai=zi[s/o[rsgr.nliksmnj[r[nwulu[nrfm]inFi=,[w=oy[aortau
?anai=A[mrikp[kDtau[mhkepLinDesHi=[t]mLisTi~k\,nliksmn[m=osadem\flnFlnPdluvujl/rnKtutupPnHi=[as\, an[t]mMnDegHxpFiliwtTizx[pP.[rh[nwisHxpM=ktFfip[kDme
[vCo[lotB[a,jebulKe[pL[sfTib.tuju[nmsini[sSweruh,ffize
[nTnNitzi[nsi=tib.[w=o[w=opda=guyu.ai=bti[nN[bokMenw: aikimesQi[nfufu[w=okuq.
?p[kDanai=A[mrik[armWeruh[aomhsi=duwu/duwu/,ansi=su=sunPt=puluhbr=.kan[nNai=kna[khsi=[s[jk[rongrw[lonF.
p[kDtaunu=g=sepu/si=metuai=zi[s/o[rsgr.nliksmnj[r[nwulu[nrfm]inFi=,[w=oy[aortau
?anai=A[mrikp[kDtau[mhkepLinDesHi=[t]mLisTi~k\,nliksmn[m=osadem\flnFlnPdluvujl/rnKtutupPnHi=[as\, an[t]mMnDegHxpFiliwtTizx[pP.[rh[nwisHxpM=ktFfip[kDme
[vCo[lotB[a,jebulKe[pL[sfTib.tuju[nmsini[sSweruh,ffize
[nTnNitzi[nsi=tib.[w=o[w=opda=guyu.ai=bti[nN[bokMenw: aikimesQi[nfufu[w=okuq.
?p[kDanai=A[mrik[armWeruh[aomhsi=duwu/duwu/,ansi=su=sunPt=puluhbr=.kan[nNai=kna[khsi=[s[jk[rongrw[lonF.
p[kDtaunu=g=sepu/si=metuai=zi[s/o[rsgr.nliksmnj[r[nwulu[nrfm]inFi=,[w=oy[aortau.


E.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                                : teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan tanda baca
Alat Pembelajaran            : LCD dan Laptop

      Sumber belajar    :
1.Widaryatmo,Gandung dkk.2013.Prigel Basa Jawa Jilid 1.Jakarta:Erlangga
2. LKS BAHASA JAWA  MGMP KAB. CILACAP


F.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10 menit
 (kegiatan Inti)
Mengamati

·         Peserta  didik membaca teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
Peserta didik mencermati teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
Menanya
·         Peserta didik diberi kesempatan mempertanyakan Aksara Jawa yang sulit dalam teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
·         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan isi teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
20 menit




Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa menjawab   salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya ( isi teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (mengidentifikasi isi teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca).
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
·      Contoh teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti.


10 menit
kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
·         Membaca teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.

·         Menemukan aksara Jawa yang sulit dalam penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
60 menit


Penutup
·         Menyimpulkan isi yang terkandung dalam teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
·         Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
10 menit
Kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
·         Menulis dan menyajikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca

60 menit
Penutup
·           Menyimpulkan cara penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
·           Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Tanya jawab tentang penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
10 menit
Kegiatan Inti
. Mengkomunikasikan
·         Peserta didik secara tertulis menyajikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
·         Peserta didik membaca hasil tulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca dari teman.
·         Peserta didik memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri mengenai tulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca temannya.
60 menit
Penutup
·         Umpan balik antar siswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
Tugas Tidak Terstruktur
·         Memberi tugas untuk menulis teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca Bertemakan Laboratorium Mangrov SMA Negeri 3 Cilacap secara berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.

20 menit




G.   Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.    Kompetensi Pengetahuan:x
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.    Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
3.    Pedoman penskoran

Lampiran 1

a.   Penilaian Sikap
Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program      : X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi                    : teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
Oni








2
Dian








1.    3
Nurhayati








2.    4
Sapari








3.    5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang







Penilaian Diri

No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1
 Oni












2
 Dian












3
 Nurhayati












4
 Sapari












5













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.Lampiran  : Penilaian Pribadi

Nama                     : ______________________________
Kelas                      : ______________________________
Semester                : ______________________________
Waktupenilaian       : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh siswa)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Saya akan berusaha belajar membaca teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.


2
Saya belajar menulis teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.


3
Saya mengikut ipembelajaran dengan sungguh-sungguh


4
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


5
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


6
Saya aktif dalam mencari informasi tentang cara menulis teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca


7
Saya menghadapi keunikan berbagai jenis teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.


8
Saya menghargai keunikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca yang dibua toleh teman saya


9
Saya tidak malu untuk menyajikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca yang saya buat


10
Saya berusaha mempresentasikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca di depan kelas



Rerata = (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
          
                             10
Keterangan
A = Sangat Baik ( 4 )
B = Baik            ( 3 )
C = Cukup        ( 2 )
D = Kurang       ( 1 )

Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberiskor 1, sedangkanpilihan “Tidak”   0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 10.

No
Siswa
Sikap
Jml
Skor
Rata-rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst














Lampiran  : Penilaian Antar Teman

Nama teman yang dinilai   : ______________________________
Nama penilai                      : ______________________________
Kelas                                  : ______________________________
Semester                            : ______________________________
Waktu penilaian                  : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh siswa)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian


3
Mengerjakan tugas  yang  diberikan guru tepat waktu


4
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5
Berperan aktif dalam kelompok


6
Menyerahkan tugas tepat waktu


7
Menghargai keunikan ragam teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca


8
Menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


9
Menghormati dan menghargai teman


10
Menghormati  dan menghargai guru




Rerata = (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
                                        10
Keterangan
A = Sangat Baik ( 4 )
B = Baik            ( 3 )
C = Cukup        ( 2 )
D = Kurang       ( 1 )
PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberiskor 1, sedangkanpilihan “Tidak” diberiskor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
Siswa
Sikap
Jml
Skor
Rerata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst














Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.      Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

2.      Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

3.      Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

4.      Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

5.      Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

                                                                                                                               


Cilacap, Januari 2016

Kepala SMA Negeri 3 Cilacap                                    Guru Mata Pelajaran




Supangat, S.Pd, M.M                                                 Mugiarso, S.Pd
NIP 19590405 198203 1 015                                      NIP 19831204 200903 1 005






Tidak ada komentar:

Posting Komentar