RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 3 CILACAP
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XII/Gasal
Materi Pokok : Aksara
Jawa menggunakan tanda baca
Alokasi waktu : 4x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.5 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan
mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf aksara Jawa.
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks lima paragraf aksara Jawa.
3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan teks 5 (lima)
paragraf berhuruf Jawa menggunakan tanda baca.
4.5 Menulis dan
menyajikan teks berhuruf Jawa lima
paragraf yang menggunakan tanda baca.
C.
Indikator
Pembelajaran
1.1.1
Menerima anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
1.1.2
Mensyukuri anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
1.1.3
Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.1
Menunjukkan perilaku
jujur dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
2.1.2
Disiplin dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
2.1.3
Tanggungjawab dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
2.1.4
Peduli dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
2.1.5
Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk
teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
3.1.1 Responsif dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca.
3.1.2
Mengidentifikasi bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
3.1.3
Menganalisis bentuk teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
4.1.2 Memroduksi
bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
4.1.3 Menyunting bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
4.1.4
Menyajikan bentuk teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
.
D.
Materi Pembelajaran
a.
Aksara Jawa Dentawiyanjana
a n
c r k
f t
s w l
p d
j y v
m g
b q z
b.
Tanda baca
,.
?;
c.
Teks Aksara Jawa
?anai=A[mrikp[kDtau[mhkepLinDesHi=[t]mLisTi~k\,nliksmn[m=osadem\flnFlnPdluvujl/rnKtutupPnHi=[as\,
an[t]mMnDegHxpFiliwtTizx[pP.[rh[nwisHxpM=ktFfip[kDme
[vCo[lotB[a,jebulKe[pL[sfTib.tuju[nmsini[sSweruh,ffize
[nTnNitzi[nsi=tib.[w=o[w=opda=guyu.ai=bti[nN[bokMenw:
aikimesQi[nfufu[w=okuq.
?p[kDanai=A[mrik[armWeruh[aomhsi=duwu/duwu/,ansi=su=sunPt=puluhbr=.kan[nNai=kna[khsi=[s[jk[rongrw[lonF.
p[kDtaunu=g=sepu/si=metuai=zi[s/o[rsgr.nliksmnj[r[nwulu[nrfm]inFi=,[w=oy[aortau
?anai=A[mrikp[kDtau[mhkepLinDesHi=[t]mLisTi~k\,nliksmn[m=osadem\flnFlnPdluvujl/rnKtutupPnHi=[as\,
an[t]mMnDegHxpFiliwtTizx[pP.[rh[nwisHxpM=ktFfip[kDme
[vCo[lotB[a,jebulKe[pL[sfTib.tuju[nmsini[sSweruh,ffize
[nTnNitzi[nsi=tib.[w=o[w=opda=guyu.ai=bti[nN[bokMenw:
aikimesQi[nfufu[w=okuq.
?p[kDanai=A[mrik[armWeruh[aomhsi=duwu/duwu/,ansi=su=sunPt=puluhbr=.kan[nNai=kna[khsi=[s[jk[rongrw[lonF.
p[kDtaunu=g=sepu/si=metuai=zi[s/o[rsgr.nliksmnj[r[nwulu[nrfm]inFi=,[w=oy[aortau
?anai=A[mrikp[kDtau[mhkepLinDesHi=[t]mLisTi~k\,nliksmn[m=osadem\flnFlnPdluvujl/rnKtutupPnHi=[as\,
an[t]mMnDegHxpFiliwtTizx[pP.[rh[nwisHxpM=ktFfip[kDme
[vCo[lotB[a,jebulKe[pL[sfTib.tuju[nmsini[sSweruh,ffize
[nTnNitzi[nsi=tib.[w=o[w=opda=guyu.ai=bti[nN[bokMenw:
aikimesQi[nfufu[w=okuq.
?p[kDanai=A[mrik[armWeruh[aomhsi=duwu/duwu/,ansi=su=sunPt=puluhbr=.kan[nNai=kna[khsi=[s[jk[rongrw[lonF.
p[kDtaunu=g=sepu/si=metuai=zi[s/o[rsgr.nliksmnj[r[nwulu[nrfm]inFi=,[w=oy[aortau.
E.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan tanda
baca
Alat Pembelajaran :
LCD dan Laptop
Sumber
belajar :
1.Widaryatmo,Gandung
dkk.2013.Prigel Basa Jawa Jilid 1.Jakarta:Erlangga
2. LKS BAHASA
JAWA MGMP KAB. CILACAP
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan
dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
|
10
menit
|
(kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
Peserta didik mencermati teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
Menanya
·
Peserta
didik diberi kesempatan mempertanyakan Aksara Jawa
yang sulit dalam teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
·
Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyimpulkan isi teks lima
paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
|
20
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
·
Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya ( isi teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca) dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan (mengidentifikasi
isi teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca).
·
Siswa menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi
dan motivasi
· Contoh teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda
baca baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk
memasuki kegiatan Inti.
|
10 menit
|
kegiatan Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
·
Membaca teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca.
·
Menemukan aksara Jawa
yang sulit
dalam penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan isi yang terkandung dalam teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
·
Tanya jawab tentang teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda
baca
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi dan motivasi
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
·
Menulis dan menyajikan teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan cara
penulisan teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan
4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.Siswa menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Tanya jawab tentang penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda
baca
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
. Mengkomunikasikan
·
Peserta didik secara tertulis menyajikan teks lima
paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
·
Peserta didik membaca hasil tulisan teks lima
paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca dari teman.
·
Peserta didik memberi tanggapan isi dengan
bahasa sendiri mengenai tulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda
baca temannya.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Umpan balik antar siswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan penulisan teks lima
paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
Tugas
Tidak Terstruktur
·
Memberi tugas untuk
menulis teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca Bertemakan Laboratorium Mangrov SMA Negeri 3 Cilacap
secara berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
|
20 menit
|
G. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
a. Kompetensi
Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian diri
b. Kompetensi
Pengetahuan:x
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
c. Kompetensi
Keterampilan:
·
Tes praktik,
·
Projek, dan
·
Portofolio.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3.
Pedoman
penskoran
Lampiran 1
a. Penilaian Sikap
Observasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Program :
X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi :
Sikap
Materi : teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Pribadi
|
Sikap Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Jujur
|
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1
|
Oni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Dian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. 3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. 4
|
Sapari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. 5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
4.
Sangat baik
3.
Baik
2.
cukup
1.
Kurang
Penilaian
Diri
No.
|
Sikap
Nama
|
Keterbukaan
|
Ketekunan
belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang
rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah
dengan teman
|
Hormat
pada
orang
tua
|
Kejujuran
|
Menepati
janji
|
Kepedulian
|
Tanggung
jawab
|
1
|
Oni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Dian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sapari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian
sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat
kurang;
2 = kurang
konsisten;
3 = mulai
konsisten;
4 = konsisten;
dan
5 = selalu
konsisten.
.Lampiran
: Penilaian Pribadi
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Semester : ______________________________
Waktupenilaian : ______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh
siswa)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya akan berusaha belajar membaca teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca.
|
|
|
2
|
Saya belajar menulis teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca.
|
|
|
3
|
Saya mengikut
ipembelajaran dengan sungguh-sungguh
|
|
|
4
|
Saya mengerjakan
tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
5
|
Saya mengajukan
pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
6
|
Saya aktif
dalam mencari informasi tentang
cara menulis teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
|
|
|
7
|
Saya menghadapi keunikan berbagai jenis teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca.
|
|
|
8
|
Saya menghargai keunikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
yang dibua toleh teman saya
|
|
|
9
|
Saya tidak malu untuk menyajikan teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca yang saya buat
|
|
|
10
|
Saya berusaha mempresentasikan teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Tanda baca di depan kelas
|
|
|
Rerata
= (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
10
Keterangan
A
= Sangat Baik ( 4 )
B
= Baik ( 3 )
C
= Cukup ( 2 )
D
= Kurang ( 1 )
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya” diberiskor 1,
sedangkanpilihan “Tidak” 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah
skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
|
Siswa
|
Sikap
|
Jml
Skor
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran : Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
______________________________
Nama penilai :
______________________________
Kelas :
______________________________
Semester :
______________________________
Waktu
penilaian :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh
siswa)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
|
|
|
3
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan guru tepat waktu
|
|
|
4
|
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
5
|
Berperan aktif dalam kelompok
|
|
|
6
|
Menyerahkan tugas tepat waktu
|
|
|
7
|
Menghargai keunikan ragam teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Tanda baca
|
|
|
8
|
Menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan
baik
|
|
|
9
|
Menghormati dan menghargai teman
|
|
|
10
|
Menghormati dan menghargai
guru
|
|
|
Rerata
= (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
10
Keterangan
A
= Sangat Baik ( 4 )
B
= Baik ( 3 )
C
= Cukup ( 2 )
D
= Kurang ( 1 )
PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberiskor 1,
sedangkanpilihan “Tidak” diberiskor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah
skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
|
Siswa
|
Sikap
|
Jml
Skor
|
Rerata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran penilaian
pengetahuan
1. Soal
nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
2. Soal
nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
3. Soal
nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
4. Soal
nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang
benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
5. Soal
nomor 5
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang
benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
Cilacap, Januari 2016
Kepala SMA Negeri 3 Cilacap Guru Mata Pelajaran
Supangat, S.Pd, M.M Mugiarso,
S.Pd
NIP 19590405 198203 1 015 NIP
19831204 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar