RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 3 CILACAP
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XII/Gasal
Materi Pokok : Serat Tripama pupuh Dandhanggula
Alokasi waktu : 4x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam
bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui
teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
3.1
Menelaah teks Serat
Tripama pupuh Dandhanggula.
|
|
4.1
Menanggapi
isi Serat Tripama pupuh Dandhangguladan menulis, serta menyajika syair tembang Dandhangguladengan
bahasa sendiri.
C.
Indikator
Pembelajaran
1.1.1
Menerima anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
1.1.2
Mensyukuri anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
1.1.3
Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.1
Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.2
Disiplin dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.3
Tanggungjawab dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.4
Peduli dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.5
Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat
Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.6
Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
3.1.1
Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang
Dandhanggulalisan maupun tulisan.
3.1.2
Menganalisispitutur luhur tembang Dandhanggulalisan
maupun tulisan.
3.1.3 Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang Dandhanggulalisan maupun
tulisan.
4.1.1
Menginterpretasi pitutur luhur tembang Dandhanggulalisan
maupun tulisan.
4.1.2 Memroduksi
syair tembang Dandhanggulalisan
maupun tulisan.
4.1.3
Menyunting syair tembang Dandhanggulakarya teman.
4.1.4
Menyajikan tembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.
D.
Materi Pembelajaran
a.
Pangertene tembang
Dandhanggula.
Miturut maknane, tembang Dandhanggula. iku
nggambarake manungsa kang
b.
Pathokan
tembang Dandhanggula.
c.
Watak tembang
Dandhanggula.
Watake
tembang Dandhanggulaiku seneng
d.
Makna tembang
Dandhanggula.
E.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : teks serat Tripama pupuh Dandhanggula
Alat Pembelajaran :
LCD dan Laptop
Sumber
belajar :
1. Teks Serat
Tripama pupuh Dandhanggula.
2. LKS BAHASA
JAWA MGMP KAB. CILACAP
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan
dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
|
10
menit
|
(kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
Peserta didik dibagi
menjadi 5 kelompok
·
Peserta didik mendengarkan
tembang Dandhanggulayang ditembangkan oleh guru.
·
Peserta
didik mencermati teks tembang Dandhanggula yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, lan
guru wilangan.
Menanya
·
Peserta didik
diberi kesempatan mempertanyakan kata-kata yang sulit dalam Serat Tripama pupuh Dandhanggula
·
Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks tembang Dandhanggula
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Pangkur yang
meliputi watak, guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
·
Bersama siswa menyimpulkan isi teks tembang Dandhanggula.
|
20
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan karasteristik tembang Dandhanggula..
·
Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya ( isi tembang Dandhanggula) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
(nilai-nilai luhur yang terdapat dalam tembang Dandhanggula dan menulis
tembang macapat Dandhanggula.)
·
Siswa menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi
dan motivasi
· Contoh teks tembang Dandhanggula digunakan
sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
|
10 menit
|
kegiatan Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
·
Membaca teks tembang tembang Dandhanggula
·
Menemukan kata-kata sulit dalam teks
tembang macapat Kinanthi.
·
Menemukan guru lagu, guru wilangan, dan guru
gatra tembang macapat Kinanthi.
·
menemukan nilai-
nilai yang terkandung didalam Serat
Tripama pupuh Dandhanggula
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tembang tembang
Dandhanggula
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
·
Tanya jawab tentang karakteristik tembang Dandhanggula
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya
(karakteristik tembang Pangkur) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi dan motivasi
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
·
Membaca teks tembang Dandhanggula
·
Menemukan kata-kata sulit dalam teks
tembang tembang Dandhanggula
·
Menemukan guru lagu, guru wilangan, dan
guru gatra tembang Dandhanggula
·
Menemukan
nilai- nilai yang terkandung didalam Serat
Tripama pupuh Dandhanggula
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tembang
Dandhanggula
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan
4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.
Siswa menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
·
Tanya jawab tentang kondisi anak muda berdasarkan
nilai- nilai yang terkandung dalam teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
. Mengkomunikasikan
·
Menyajikan secara lisan atau tulisan tembang
Dandhanggulayang ditulis.
·
Peserta didik menembangkan tembang
Dandhanggula
·
Peserta didik memberi tanggapan isi dengan
bahasa sendiri Serat Tripama pupuh Dandhanggula
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan
perbedaan cara
nembang yang benar dan kurang benar.
·
Menyajikan
salah satu tembang Dandhanggulagubahan siswa sebagai wujud interpretasi dan apresiasi.
·
Menyimpulkan hasil nembang tembang
Dandhanggula
·
Memberi tugas untuk
membuat jawa secara berkelompok
sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
Tugas
Terstruktur:
•
para
siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
•
secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula secara
lisan maupun tulisan
Tugas Takstruktur:
·
Para Siswa membuat Tembang Dandhanggula dengan tema penghijauan dengan pohon Cemara
|
20 menit
|
G.
Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
a. Kompetensi
Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian diri
b. Kompetensi
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
c. Kompetensi
Keterampilan:
·
Tes praktik,
·
Projek, dan
·
Portofolio.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3.
Pedoman
penskoran
Lampiran 1
a. Penilaian Sikap
Observasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Program :
X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi :
Sikap
Materi : Tembang Kinanthi
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Pribadi
|
Sikap Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Jujur
|
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1
|
Oni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Dian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. 3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. 4
|
Sapari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. 5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
4.
Sangat baik
3.
Baik
2.
cukup
1.
Kurang
Penilaian
Diri
No.
|
Sikap
Nama
|
Keterbukaan
|
Ketekunan
belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang
rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah
dengan teman
|
Hormat
pada
orang
tua
|
Kejujuran
|
Menepati
janji
|
Kepedulian
|
Tanggung
jawab
|
1
|
Oni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Dian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sapari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian
sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat
kurang;
2 = kurang
konsisten;
3 = mulai
konsisten;
4 = konsisten;
dan
5 = selalu
konsisten.
.Lampiran
: Penilaian Pribadi
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Semester :
______________________________
Waktupenilaian : ______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh
siswa)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya akan berusaha belajar tembang pangkur
|
|
|
2
|
Saya belajar membuat tembang
Dandhangguladengan bahasa sendiri
|
|
|
3
|
Saya mengikutipembelajarandengansungguh-sungguh
|
|
|
4
|
Saya mengerjakantugas
yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
5
|
Saya mengajukanpertanyaanjikaada
yang tidakdipahami
|
|
|
6
|
Saya aktifdalammencariinformasitentangjenis- jenis tembang pangkur
|
|
|
7
|
Saya menghadapikeunikanberbagaijeniskarya tembang pangkur
|
|
|
8
|
Saya menghargai keunikan tembang Dandhanggulayang
dibuatolehtemansaya
|
|
|
9
|
Saya tidak malu untuk menyajikan tembang
Dandhanggulayang saya buat
|
|
|
10
|
Saya berusaha mempresentasikan tembang
Dandhangguladi depan kelas
|
|
|
Rerata
= (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
10
Keterangan
A
= Sangat Baik ( 4 )
B
= Baik ( 3 )
C
= Cukup ( 2 )
D
= Kurang ( 1 )
PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1,
sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah
skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
|
Siswa
|
Sikap
|
Jml
Skor
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran : Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
______________________________
Nama penilai :
______________________________
Kelas :
______________________________
Semester :
______________________________
Waktu
penilaian :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh
siswa)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Berusahabelajardengansungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Mengikutipembelajarandenganpenuhperhatian
|
|
|
3
|
Mengerjakantugas yang diberikan guru tepatwaktu
|
|
|
4
|
Mengajukanpertanyaanjikaada yang tidak dipahami
|
|
|
5
|
Berperanaktifdalamkelompok
|
|
|
6
|
Menyerahkantugastepatwaktu
|
|
|
7
|
Menghargaikeunikanragam tembang pocung
|
|
|
8
|
Menguasaidandapatmengikutikegiatanpembelajarandenganbaik
|
|
|
9
|
Menghormatidanmenghargaiteman
|
|
|
10
|
Menghormatidanmenghargai guru
|
|
|
Rerata
= (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
10
Keterangan
A
= Sangat Baik ( 4 )
B
= Baik ( 3 )
C
= Cukup ( 2 )
D
= Kurang ( 1 )
PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1,
sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah
skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
|
Siswa
|
Sikap
|
Jml
Skor
|
Rerata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memahami wataktembang Dandhanggulalisan
maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Sebutna kepiye watake tembang Pangkur!
|
Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang
Dandhanggulalisan maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Kepiye guru gatra, guru
wilangan, lan guru lagune tembang Pangkur?
|
Menganalisis pitutur
luhurtembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing tembang
Dandhanggulakang kowaca?
|
Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhurtembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tulis
|
Uraian
|
Pitutur luhur kang kotemokake ing tembang
Dandhanggulakang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman
saiki?
|
Menginterpretasi
pitutur luhur tembang Pangkurlisan
maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Apa pitutur luhur kang
bisa dijupuk ing
tembang Pangkursing kok waca?
|
Kunci Jawaban
1.
Watake tembang Dandhanggulaiku madhep mantep, banter, nesu. Cocok
kanggo ngandharake pitutur, katresnan, crita kang nyata, lan sapiturute.
2.
Tembang Dandhanggulakadadean saka 7
gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i
3.
Pitutur luhur ing tembang Dandhanggulaadate/biasane
gegayutan karo pepeling supaya ora tumindak ala lan mrenahake supaya tumindak
becik.
4.
Pitutur luhur ing tembang Dandhanggulaisih cocog/jumbuh
karo kahanan jaman saiki.
5.
Wong tuwa kuwi
kudu nduweni/mangerteni rasa (unggah ungguh) aja nganti gawe isin.
Pedoman Penskoran penilaian
pengetahuan
1. Soal
nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
2. Soal
nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
3. Soal
nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
4. Soal
nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang
benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
5. Soal
nomor 5
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang
benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
c.
Penilaian Keterampilan
Penilaian
Proyek
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memroduksi syairtembangPangkurlisan maupun tulisan.
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji petik produk
|
Gawea cakepan (syair) tembang Dandhanggulaadhedhasar guru gatra, guru
wilangan lan guru lagu!
|
Pedoman penskoran:
1.
Paugeran ( Guru Gatra, Guru Wilangan, Guru Lagu)
Aspek
|
Nilai
|
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
|
4
|
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang
lengkap)
|
3
|
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
|
2
|
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
2.
Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
|
Nilai
|
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa
Jawa)
|
4
|
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Ejaan Yang
Disempurnakan Bahasa Jawa)
|
3
|
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan
Bahasa Jawa)
|
1-2
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
3.
Isi
Aspek
|
Nilai
|
Jawaban Benar (apabila sesuai dengan Tema)
|
4
|
Jawaban Kurang Benar (apabila kurang sesuai dengan Tema)
|
3
|
Jawaban Salah ( apabila tidak sesuai dengan Tema)
|
1-2
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
Pedoman Penilaian
Nama
|
Sing Di Biji
|
Gunggunge/ Jumlah
|
||||
Paugeran
|
|
|
||||
Guru Gatra ( 10)
|
Guru wilangan ( 20)
|
Guru Lagu (10)
|
Diksi/ pilihan tembung ( 30)
|
Makna/ Teges (30)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
Penyuntingan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menyunting syair tembang Dandhanggulakarya teman
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Ijolna cakepan tembang Dandhanggulagarapanmu marang kanca samejamu,
banjur telitinen lan biji garapane kancamu! Sawise kok teliti
banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!
|
Pedoman
Penskoran
1.
Paugeran ( Guru Gatra, Guru Wilangan, Guru
Lagu)
Aspek
|
Nilai
|
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
|
4
|
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang
lengkap)
|
3
|
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
|
2
|
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
2.
Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
|
Nilai
|
Jawaban Benar (Apabila sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
|
4
|
Jawaban Kurang Benar (Apabila kurang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
|
3
|
Jawaban Salah ( Apabila tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
|
1-2
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
3.
Isi
Aspek
|
Nilai
|
Jawaban Benar (Apabila sesuai dengan Tema)
|
4
|
Jawaban Kurang Benar (Apabila kurang sesuai dengan Tema)
|
3
|
Jawaban Salah ( Apabila tidak sesuai dengan Tema)
|
1-2
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
Pedoman Penilaian
Nama
|
Sing Di Biji
|
Gunggunge/ Jumlah
|
||||
Paugeran
|
|
|
||||
Guru Gatra ( 10)
|
Guru wilangan ( 20)
|
Guru Lagu (10)
|
Diksi/ pilihan tembung ( 30)
|
Makna/ Teges (30)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Praktik
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menyajikan tembangPangkur lisan maupun tulisan.
|
Tes Praktik
|
Demonstrasi/ Penampilan
|
Tembangna tembang Dandhanggulakang kogawe ing ngarepe kelompokmu utawa
ngarep kelas!
|
Pedoman
Penskoran
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mennyanyikan dengan benar dan
sangat baik ( lafal jelas, intonasi tepat, ekspresi sangat baik, dan nada
tepat/ memenuhi keempat unsur)
|
AB
|
4
|
Siswa menyanyikan dengan benar dan
baik ( jika ketiga unsur yang tepat, salah satu ada yang kurang)
|
B
|
3
|
Siswa menyanyikan dengan benar dan sedang ( jika hanya dua unsur yang
tepat, yang dua unsur lainnya kurang tepat)
|
S
|
2
|
Siswa menyanyikan dengan kurang
benar ( jika yang tepat hanya satu unsur, yang ketiga unsur kurang tepat)
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
LEMBAR KERJA SISWA
I. Ing
ngsior iki ana wangsulan sing bener, pilihen!
1.
Pathokan
sajroning tembang macapat kang ngemot pathokan cacahe larik saben sapada yaiku
…
a.
guru
sastra d.
guru wilangan
b.
guru
basa e. guru
gatra
c.
guru
lagu
2.
Dene kang ngemot pathokan tibaning swara pungkasan (dhong
dhing) saben sagatra yaiku …
a.
guru
sastra d.
guru wilangan
b.
guru
basa e. guru
gatra
c.
guru
lagu
3.
Pathokan tembang Mijil yaiku …
a. gatra : 6, wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, a, i, a,
I,
b. gatra : 4, wilangan : 12, 6, 8, 8, lagu : i, a, i, a
c. gatra : 7, wilangan : 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu : i, a, e, a,
a, a, u
d. gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o
e. gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i,
i, u
4. Pathokan
tembang Asmarandana yaiku …
a. gatra : 6, wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, a, i, a,
I,
b. gatra : 4, wilangan : 12, 6, 8, 8, lagu : i, a, i, a
c.
gatra : 7, wilangan : 8, 8,
8, 8, 7, 8, 8, lagu : i, a, e, a, a, a, u
d.
gatra : 5, wilangan : 12, 8,
8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o
e. gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i,
i, u
Nasihat
lan pitutur
Kang bener
terapna nggo uripmu
Kabeh
eling–elingen ja nganthi lali
Aja lali
pituturku
Merga sira
isih enom
5. Saka sasmita
ing dhuwur, tembang kasebut diarani …
a.
dhandhanggula d. sinom
b.
gambuh e.
maskumambang
c.
mijil
Nadyan silih bapa biyung kaki nini,
sadulur myang sanak,
kalamun muruk tan becik,
nora pantes yen den nuta
6.
Saka sasmita ing dhuwur, tembang kasebut diarani …
a.
dhandhanggula d. sinom
b.
gambuh e. maskumambang
c.
mijil
7. Tembang
macapat kang ateges kanoman, minangka kalodhangan sing paling wigati kanggoné
wong anom supaya bisa ngangsu kawruh sak akèh-akèhé sinebut …
a.
dhandhanggula d. sinom
b.
pangkur e. Pangkur
c.
mijil
8. Tembang
macapat kang asale saka tembung mungkur kang ateges nyingkiri hawa nepsu
angkara murka. Kang dipikir tansah kepingin wèwèh marang sapadha - padha
diarani ....
a.
dhandhanggula d. sinom
b.
pangkur e. Pangkur
c.
mijil
9. Nalika
nembang macapat, ing sawijining gatra ditembangake ora kaya titi laras asline, nanging bab iku ditindakake supaya
nambah endahing tembang macapat. Kaprigelan iku kang diarani ….
a. cakepan
b. cengkok
c. laras
d. pathet
e. pedhotan
10. Wos surasane
tembang macapat iku isa dingreteni kanthi tenanan yen anggone ndunungake
pedhotan iku pas. Amarga yen ora pas makna tembung utawa ukarane dadi slenca.
Upamane tembang maskumambang gatra sepisan (12i) kudune anak pitik
kuthuk//anak bebek meri nanging dipedhot anak pitik//kuthuk anak bebek
meri. Pedhotan yaiku ….
a. syair, tetembungan kang dienggo ing tembang.
b. lak – luking swara kanggo nglagokake tembang.
c. rasa thinthingane swara cendhak nganti swara dhuwur.
d. ukuran cendhek lan dhuwure swara kanggo nglagokake tembang.
e. pamedhoting swara ing tengahing tembang ing saben larik.
II. Essay
1.
Setitekna tembang ing ngisor iki!
a.
Lamun ana wong micara kaki, tan mupakat ing
patang prakara, aja sira age-age, anganggep nyatanipun, saringana dipun
baresih, limbangen lan kang patang : prakara rumuhun, dalil qadis lan ijemak,
lan kijase papat iku salah siji, ana-a kang mupakat.
b.
Panggawe becik puniku, gampang yen wus den
lakoni, angel yen durung linakwan, aras-arasen nglakoni, tur iku den lakonana,
mufa’ati badanneki.
c.
Pitutur bener iku, sayektine kang iku tiniru,
nadyan melu saking wong sudra papeki, lamun becik wurukipun, iku pantes sira
anggo.
d.
Kalamun ana manungsa, tan anganggo ing duga
lan prayogi, iku watake tan patut, awor lawan wong kathah, degsura ndaludur tan
wruh ing edur, aja sira pedhak-pedhak nora wurung neniwasi.
2.
Sebutna jinising tembang! Yen wis ngreti isa
ditembangke!
3.
Jlentrehna wos surasane kanthi ngancarake
nggunakake basane dhewe! Andharna kanthi lesan!
4.
Andharna pitutur kang kamot sajroning
tembang!
5.
Miliha tema babagan pendhidhikan! Sabanjure
tulisen dadi wujud tembang Kinanthi!
Cilacap,
Juni 2015
Kepala SMA Negeri 3 Cilacap Guru Mata Pelajaran
Supangat, S.Pd, M.M Mugiarso,
S.Pd
NIP 19590405 198203 1 015 NIP
19831204 200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar