MGMP Bahasa Jawa SMA-SMK adalah organisasi tempat berhimpunnya segenap guru bahasa Jawa SMA-SMK di Jawa Tengah. Wadah ini merupakan wahana berkomunikasi dan mengasah keterampilan para guru bahasa Jawa dalam meningkatkan kompetensi dan mutu pengajaran, serta sebagai upaya membangun masa depan bangsa melalui pengembangan bahasa, budayaJawa, dan penanaman nilai budi pekerti kepada generasi muda, terutama dalam menghadapi tekanan serta pengaruh negatif globalisasi.

Jumat, 06 Januari 2017

RPP SERAT TRIPAMA PUPUH DANDHANGGUKA KELAS XII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah              : SMA NEGERI 3 CILACAP
Mata Pelajaran   : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XII/Gasal
Materi Pokok     : Serat Tripama pupuh Dandhanggula
Alokasi waktu     : 4x 45 menit
A.   Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
1.1         Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
3.1         Menelaah teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula.           

4.1                Menanggapi isi Serat Tripama pupuh Dandhangguladan menulis, serta  menyajika syair tembang Dandhangguladengan bahasa sendiri.

C.   Indikator Pembelajaran

1.1.1     Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
1.1.2     Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
1.1.3     Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentukteks Serat Tripama pupuh Dandhanggula

2.1.1      Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.2      Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.3      Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.4      Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.5      Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
2.1.6      Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
3.1.1     Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.
3.1.2     Menganalisispitutur luhur tembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.
3.1.3   Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Dandhanggulalisan   maupun tulisan.
4.1.1   Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Dandhanggulalisan maupun  tulisan.
4.1.2   Memroduksi  syair tembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.
4.1.3   Menyunting  syair tembang Dandhanggulakarya teman.
4.1.4   Menyajikan tembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.

D.   Materi Pembelajaran

a.    Pangertene tembang Dandhanggula.

Miturut maknane, tembang Dandhanggula. iku nggambarake manungsa kang

b.    Pathokan tembang Dandhanggula.


c.    Watak tembang Dandhanggula.
Watake tembang Dandhanggulaiku seneng

d.                                                                Makna tembang Dandhanggula.
E.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                                : teks serat Tripama pupuh Dandhanggula
Alat Pembelajaran            : LCD dan Laptop

      Sumber belajar    :
1. Teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula.
2. LKS BAHASA JAWA  MGMP KAB. CILACAP






F.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10 menit
 (kegiatan Inti)
Mengamati
·         Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok
·         Peserta  didik mendengarkan tembang Dandhanggulayang ditembangkan oleh guru.
·         Peserta didik mencermati teks tembang Dandhanggula yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, lan guru wilangan.

Menanya
·         Peserta didik diberi kesempatan mempertanyakan kata-kata yang sulit dalam Serat Tripama pupuh Dandhanggula
·         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks tembang Dandhanggula
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Pangkur yang meliputi watak, guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
·         Bersama siswa menyimpulkan isi teks tembang Dandhanggula.
20 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa menjawab   salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Dandhanggula..
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya ( isi tembang Dandhanggula)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (nilai-nilai luhur yang terdapat dalam tembang Dandhanggula dan menulis tembang macapat Dandhanggula.)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·      Contoh teks tembang Dandhanggula digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti


10 menit
kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
·         Membaca teks tembang tembang Dandhanggula
·         Menemukan kata-kata sulit dalam teks tembang macapat Kinanthi.
·         Menemukan guru lagu, guru wilangan, dan guru gatra tembang macapat Kinanthi.
·         menemukan nilai- nilai yang terkandung didalam Serat Tripama pupuh Dandhanggula

60 menit


Penutup
·         Menyimpulkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tembang tembang Dandhanggula
·         Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik tembang Dandhanggula
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Pangkur) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
10 menit
Kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
·         Membaca teks tembang Dandhanggula
·         Menemukan kata-kata sulit dalam teks tembang tembang Dandhanggula
·         Menemukan guru lagu, guru wilangan, dan guru gatra tembang Dandhanggula
·           Menemukan nilai- nilai yang terkandung didalam Serat Tripama pupuh Dandhanggula
60 menit
Penutup
·           Menyimpulkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tembang Dandhanggula
·           Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit
Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya. Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Tanya jawab tentang kondisi anak muda berdasarkan nilai- nilai yang terkandung dalam teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula

10 menit
Kegiatan Inti
. Mengkomunikasikan
·         Menyajikan secara lisan atau tulisan tembang Dandhanggulayang ditulis.
·         Peserta didik menembangkan tembang Dandhanggula
·         Peserta didik memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri Serat Tripama pupuh Dandhanggula

60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan perbedaan cara nembang yang benar dan kurang benar.
·         Menyajikan salah satu tembang Dandhanggulagubahan siswa sebagai wujud interpretasi dan apresiasi.
·         Menyimpulkan hasil nembang tembang Dandhanggula
·         Memberi tugas untuk membuat  jawa secara berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
Tugas Terstruktur:
       para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula
       secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks Serat Tripama pupuh Dandhanggula secara lisan maupun tulisan

Tugas Takstruktur:
·         Para Siswa membuat Tembang Dandhanggula dengan tema penghijauan dengan pohon Cemara
20 menit

G.   Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.    Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.    Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
3.    Pedoman penskoran







Lampiran 1

a.   Penilaian Sikap
Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program      : X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi                    : Tembang Kinanthi

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
Oni








2
Dian








1.    3
Nurhayati








2.    4
Sapari








3.    5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang

Penilaian Diri

No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1
 Oni












2
 Dian












3
 Nurhayati












4
 Sapari












5














Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.Lampiran  : Penilaian Pribadi

Nama                     : ______________________________
Kelas                      : ______________________________
Semester                : ______________________________
Waktupenilaian       : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh siswa)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Saya akan berusaha belajar tembang pangkur


2
Saya belajar membuat  tembang Dandhangguladengan bahasa sendiri


3
Saya mengikutipembelajarandengansungguh-sungguh


4
Saya mengerjakantugas yang diberikan guru tepat waktu


5
Saya mengajukanpertanyaanjikaada yang tidakdipahami


6
Saya aktifdalammencariinformasitentangjenis- jenis tembang pangkur


7
Saya menghadapikeunikanberbagaijeniskarya tembang pangkur


8
Saya menghargai keunikan tembang Dandhanggulayang dibuatolehtemansaya


9
Saya tidak malu untuk menyajikan tembang Dandhanggulayang saya buat


10
Saya berusaha mempresentasikan tembang Dandhangguladi depan kelas




Rerata = (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
          
                             10
Keterangan
A = Sangat Baik ( 4 )
B = Baik            ( 3 )
C = Cukup        ( 2 )
D = Kurang       ( 1 )

PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara  0 sampai 10.


No
Siswa
Sikap
Jml
Skor
Rata-rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst














Lampiran  : Penilaian Antar Teman

Nama teman yang dinilai   : ______________________________
Nama penilai                      : ______________________________
Kelas                                  : ______________________________
Semester                            : ______________________________
Waktu penilaian                  : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh siswa)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Berusahabelajardengansungguh-sungguh


2
Mengikutipembelajarandenganpenuhperhatian


3
Mengerjakantugas yang diberikan guru tepatwaktu


4
Mengajukanpertanyaanjikaada yang tidak dipahami


5
Berperanaktifdalamkelompok


6
Menyerahkantugastepatwaktu


7
Menghargaikeunikanragam tembang pocung


8
Menguasaidandapatmengikutikegiatanpembelajarandenganbaik


9
Menghormatidanmenghargaiteman


10
Menghormatidanmenghargai guru




Rerata = (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
                                        10
Keterangan
A = Sangat Baik ( 4 )
B = Baik            ( 3 )
C = Cukup        ( 2 )
D = Kurang       ( 1 )

PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
Siswa
Sikap
Jml
Skor
Rerata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst















b.   Penilaian Pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami  wataktembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Sebutna kepiye watake tembang Pangkur!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Kepiye guru gatra, guru wilangan, lan guru lagune tembang Pangkur?
Menganalisis  pitutur luhurtembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing tembang Dandhanggulakang kowaca?
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhurtembang Dandhanggulalisan maupun tulisan.


Tes lisan/ tulis

Uraian

Pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Dandhanggulakang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Pangkurlisan maupun  tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian
Apa pitutur luhur kang bisa dijupuk ing tembang Pangkursing kok  waca?

Kunci Jawaban
1.      Watake tembang Dandhanggulaiku madhep mantep, banter, nesu. Cocok kanggo ngandharake pitutur, katresnan, crita kang nyata, lan sapiturute.
2.      Tembang Dandhanggulakadadean saka 7 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i
3.      Pitutur luhur ing tembang Dandhanggulaadate/biasane gegayutan karo pepeling supaya ora tumindak ala lan mrenahake supaya tumindak becik.
4.      Pitutur luhur ing tembang Dandhanggulaisih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
5.      Wong tuwa kuwi kudu nduweni/mangerteni rasa (unggah ungguh) aja nganti gawe isin.

Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.      Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

2.      Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4


3.      Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

4.      Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

5.      Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

c.   Penilaian Keterampilan
Penilaian Proyek
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memroduksi  syairtembangPangkurlisan maupun tulisan.
Tes Unjuk Kerja
Uji petik produk
Gawea cakepan (syair) tembang Dandhanggulaadhedhasar guru gatra, guru wilangan lan guru lagu!
Pedoman penskoran:
1.   Paugeran ( Guru Gatra, Guru Wilangan, Guru Lagu)
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
4
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang lengkap)
3
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
2
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
1
NILAI MAKSIMAL
4
2.   Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
4
Jawaban Kurang Benar (Jika kurang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
3
Jawaban Salah ( Jika tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

3.   Isi
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (apabila sesuai dengan Tema)
4
Jawaban Kurang Benar (apabila kurang sesuai dengan Tema)
3
Jawaban Salah ( apabila tidak sesuai dengan Tema)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

 Pedoman  Penilaian

Nama
Sing Di Biji
Gunggunge/ Jumlah
Paugeran


Guru Gatra        ( 10)
Guru wilangan  ( 20)
Guru Lagu (10)
Diksi/ pilihan tembung   ( 30)
Makna/ Teges (30)









Penyuntingan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyunting  syair tembang Dandhanggulakarya teman
Tes Tertulis
Uraian
Ijolna cakepan tembang Dandhanggulagarapanmu marang kanca samejamu, banjur telitinen lan biji garapane kancamu! Sawise kok teliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!

Pedoman Penskoran

1.   Paugeran ( Guru Gatra, Guru Wilangan, Guru Lagu)
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Jika sesuai 3 aturan tembang /lengkap)
4
Jawaban Mendekati Benar ( Jika sesuai 2 aturan tembang / kurang lengkap)
3
Jawaban Kurang Benar ( Jika sesuai hanya 1 aturan tembang)
2
Jawaban salah (Tidak sesuai aturan tembang)
1
NILAI MAKSIMAL
4

2.   Diksi atau Pilihan Kata
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Apabila sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
4
Jawaban Kurang Benar (Apabila kurang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
3
Jawaban Salah ( Apabila tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan Bahasa Jawa)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4

3.   Isi
Aspek
Nilai
Jawaban Benar (Apabila sesuai dengan Tema)
4
Jawaban Kurang Benar (Apabila kurang sesuai dengan Tema)
3
Jawaban Salah ( Apabila tidak sesuai dengan Tema)
1-2
NILAI MAKSIMAL
4


     Pedoman  Penilaian

Nama
Sing Di Biji
Gunggunge/ Jumlah
Paugeran


Guru Gatra        ( 10)
Guru wilangan  ( 20)
Guru Lagu (10)
Diksi/ pilihan tembung   ( 30)
Makna/ Teges (30)









Penilaian Praktik

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyajikan tembangPangkur lisan maupun tulisan.
Tes Praktik
Demonstrasi/ Penampilan
Tembangna tembang Dandhanggulakang kogawe ing ngarepe kelompokmu utawa ngarep kelas!

Pedoman Penskoran

Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mennyanyikan dengan benar dan sangat baik ( lafal jelas, intonasi tepat, ekspresi sangat baik, dan nada tepat/ memenuhi keempat unsur)
AB
4
Siswa menyanyikan dengan benar dan baik ( jika ketiga unsur yang tepat, salah satu ada yang kurang)
B
3
Siswa menyanyikan dengan benar  dan sedang ( jika hanya dua unsur yang tepat, yang dua unsur lainnya kurang tepat)
S
2
Siswa menyanyikan dengan kurang benar ( jika yang tepat hanya satu unsur, yang ketiga unsur kurang tepat)
K
1
NILAI MAKSIMAL

4



LEMBAR KERJA SISWA

I.      Ing ngsior iki ana wangsulan sing bener, pilihen!
1.    Pathokan sajroning tembang macapat kang ngemot pathokan cacahe larik saben sapada yaiku …
a.    guru sastra                                    d. guru wilangan 
b.    guru basa                          e. guru gatra
c.    guru lagu
2.    Dene kang ngemot pathokan tibaning swara pungkasan (dhong dhing) saben sagatra yaiku …
a.    guru sastra                                    d. guru wilangan 
b.    guru basa                          e. guru gatra
c.    guru lagu


3.    Pathokan tembang Mijil yaiku …
a.    gatra : 6, wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, a, i, a, I,
b.    gatra : 4, wilangan : 12, 6, 8, 8, lagu : i, a, i, a  
c.    gatra : 7, wilangan : 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu : i, a, e, a, a, a, u
d.    gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o
e.    gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i, i, u
4.    Pathokan tembang Asmarandana yaiku …
a.    gatra : 6, wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, a, i, a, I,
b.    gatra : 4, wilangan : 12, 6, 8, 8, lagu : i, a, i, a  
c.    gatra : 7, wilangan : 8, 8, 8, 8, 7, 8, 8, lagu : i, a, e, a, a, a, u
d.    gatra : 5, wilangan : 12, 8, 8, 8, 8, lagu : u, i, u, i, o
e.    gatra : 6, wilangan : 10, 6, 10, 10, 6, 6, lagu : i, o, e, i, i, u

Nasihat lan pitutur
Kang bener terapna nggo uripmu
Kabeh eling–elingen ja nganthi lali
Aja lali pituturku
Merga sira isih enom
5.    Saka sasmita ing dhuwur, tembang kasebut diarani …
a.    dhandhanggula                 d. sinom
b.     gambuh                             e. maskumambang  
c.     mijil

Nadyan silih bapa biyung kaki nini,
sadulur myang sanak,
kalamun muruk tan becik,
nora pantes yen den nuta
6.    Saka sasmita ing dhuwur, tembang kasebut diarani
a.    dhandhanggula                 d. sinom
b.    gambuh                             e. maskumambang 
c.    mijil
7.    Tembang macapat kang ateges kanoman, minangka kalodhangan sing paling wigati kanggoné wong anom supaya bisa ngangsu kawruh sak akèh-akèhé sinebut …
a.    dhandhanggula                 d. sinom
b.    pangkur                             e. Pangkur  
c.    mijil
8.    Tembang macapat kang asale saka tembung mungkur kang ateges nyingkiri hawa nepsu angkara murka. Kang dipikir tansah kepingin wèwèh marang sapadha - padha diarani ....
a.    dhandhanggula                 d. sinom 
b.    pangkur                             e. Pangkur  
c.    mijil
9.    Nalika nembang macapat, ing sawijining gatra ditembangake ora kaya titi laras  asline, nanging bab iku ditindakake supaya nambah endahing tembang macapat. Kaprigelan iku kang diarani ….
a.    cakepan
b.    cengkok
c.    laras
d.    pathet
e.    pedhotan

10.  Wos surasane tembang macapat iku isa dingreteni kanthi tenanan yen anggone ndunungake pedhotan iku pas. Amarga yen ora pas makna tembung utawa ukarane dadi slenca. Upamane tembang maskumambang gatra sepisan (12i) kudune anak pitik kuthuk//anak bebek meri nanging dipedhot anak pitik//kuthuk anak bebek meri. Pedhotan yaiku ….
a.    syair, tetembungan kang dienggo ing tembang.
b.    lak – luking swara kanggo nglagokake tembang.
c.    rasa thinthingane swara cendhak nganti swara dhuwur.
d.    ukuran cendhek lan dhuwure swara kanggo nglagokake tembang.
e.    pamedhoting swara ing tengahing tembang ing saben larik.

II.    Essay
1.    Setitekna tembang ing ngisor iki!
a.    Lamun ana wong micara kaki, tan mupakat ing patang prakara, aja sira age-age, anganggep nyatanipun, saringana dipun baresih, limbangen lan kang patang : prakara rumuhun, dalil qadis lan ijemak, lan kijase papat iku salah siji, ana-a kang mupakat.
b.    Panggawe becik puniku, gampang yen wus den lakoni, angel yen durung linakwan, aras-arasen nglakoni, tur iku den lakonana, mufa’ati badanneki.
c.    Pitutur bener iku, sayektine kang iku tiniru, nadyan melu saking wong sudra papeki, lamun becik wurukipun, iku pantes sira anggo.
d.    Kalamun ana manungsa, tan anganggo ing duga lan prayogi, iku watake tan patut, awor lawan wong kathah, degsura ndaludur tan wruh ing edur, aja sira pedhak-pedhak nora wurung neniwasi.
2.    Sebutna jinising tembang! Yen wis ngreti isa ditembangke!
3.    Jlentrehna wos surasane kanthi ngancarake nggunakake basane dhewe! Andharna kanthi lesan!
4.    Andharna pitutur kang kamot sajroning tembang!
5.    Miliha tema babagan pendhidhikan! Sabanjure tulisen dadi wujud tembang Kinanthi!




                                                                                                Cilacap, Juni 2015

Kepala SMA Negeri 3 Cilacap                                          Guru Mata Pelajaran


Supangat, S.Pd, M.M                                                       Mugiarso, S.Pd
NIP 19590405 198203 1 015                                            NIP 19831204 200903 1 005






Tidak ada komentar:

Posting Komentar