MGMP Bahasa Jawa SMA-SMK adalah organisasi tempat berhimpunnya segenap guru bahasa Jawa SMA-SMK di Jawa Tengah. Wadah ini merupakan wahana berkomunikasi dan mengasah keterampilan para guru bahasa Jawa dalam meningkatkan kompetensi dan mutu pengajaran, serta sebagai upaya membangun masa depan bangsa melalui pengembangan bahasa, budayaJawa, dan penanaman nilai budi pekerti kepada generasi muda, terutama dalam menghadapi tekanan serta pengaruh negatif globalisasi.

Jumat, 06 Januari 2017

RPP TEKS EKSPOSISI BUDAYA WEWALER KELAS XII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah              : SMA NEGERI 3 CILACAP
Mata Pelajaran   : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XII/Gasal
Materi Pokok     : Teks Ekposisi tentang budaya wewaler.
Alokasi waktu     : 4x 45 menit
A.   Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
1.4  Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  eksposisi tentang budaya wewaler
2.4  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks eksposisi tentang gamelan secara.
3.4  Menelaah  isi teks  eksposisi tentang gamelan.
4.4  Menulis teks  eksposisi tentang gamelan.






C.   Indikator Pembelajaran

1.4.1    Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  eksposisi tentang budaya wewaler
1.4.2    Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  eksposisi tentang budaya wewaler
1.4.3    Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  eksposisi tentang budaya wewaler

2.4.1    Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  eksposisi tentang budaya wewaler
2.4.2    Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  eksposisi tentang budaya wewaler
2.4.3    Tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  eksposisi tentang budaya wewaler
3.4.1      Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  eksposisi tentang budaya wewaler
3.4.2      Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  eksposisi tentang budaya wewaler
3.4.3      Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  eksposisi tentang budaya wewaler
4.4.1    Memroduksi  teks  eksposisi tentang budaya wewaler
4.4.2    Menyunting  teks  eksposisi tentang gamelan karya teman.
4.4.3    Menyajikan teks  eksposisi tentang budaya wewaler

D.   Materi Pembelajaran

a.    Pangertene teks eksposisi
Teks eksposisi yaiku wacana kang isine mbeberake prastawa utawa barang kanthi proses supaya sing maca ngerti wujude.

Teks  eksposisi tentang budaya wewaler yaiku wacana kang mbeberake dumadine wewaler.



E.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                                : teks eksposisi ngenani budaya wewaler.
Alat Pembelajaran            : LCD dan Laptop

      Sumber belajar    :
1.Widaryatmo,Gandung dkk.2013.Prigel Basa Jawa .Jakarta:Erlangga
2. LKS BAHASA JAWA  MGMP KAB. CILACAP








F.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10 menit
 (kegiatan Inti)
Mengamati
·         Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok
·         Peserta  didik membaca teks  eksposisi tentang budaya wewaler.
·         Peserta didik mencermati bentuk teks eksposisi gamelan.
Menanya
·         Peserta didik diberi kesempatan mempertanyakan kata-kata yang sulit dalam teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·         Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks  eksposisi tentang budaya wewaler

60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik teks  eksposisi tentang budaya wewaler

20 menit











Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa menjawab   salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya tentang bentuk teks  eksposisi tentang budaya wewaler dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk memahami isi teks eksposisi tentang gamelan
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·      Contoh teks  eksposisi tentang budaya wewaler baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti


10 menit
kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
·         Membaca teks baru tentang eksposisi budaya wewaler.
·         Menemukan kata-kata sulit dalam teks baru tentang deskripsi pakaian adat jawa
·         Menanggapi dan memahami isi teks  eksposisi tentang budaya wewaler
60 menit


Penutup
·         Menyimpulkan isi teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·         Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang Teks  eksposisi tentang budaya wewaler Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi
10 menit
Kegiatan Inti
Mengumpulkan Informasi
·         Membaca Teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·         Menemukan kata-kata sulit dalam Teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·         Menanggapi dan memahami isi Teks  eksposisi tentang budaya wewaler

60 menit
Penutup
·           Menyimpulkan isi yang terkandung dalam Teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·           Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit
Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·           Tanya jawab tentang Teks  eksposisi tentang budaya wewaler

10 menit
Kegiatan Inti
. Mengkomunikasikan
·         Menyajikan secara lisan atau tulisan teks  eksposisi tentang budaya wewaler yang ditulis.
·         Peserta didik menyunting hasil pekerjaan teman tentang teks  eksposisi tentang budaya wewaler.
·         Peserta didik memberi tanggapan tentang hasil pekerjaan teman tentang teks  eksposisi tentang budaya wewaler.


60 menit
Penutup
·           Guru dan siswa memberikan kesimpulan tentang Teks  eksposisi tentang budaya wewaler
·         Memberi tugas untuk menyusun teks  eksposisi tentang budaya wewaler di SMA Negeri 3 CILACAP secara berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
20 menit


G.   Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.    Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.    Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
3.    Pedoman penskoran

Lampiran 1

a.   Penilaian Sikap
Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Jawa
Kelas/Program      : X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi           : Sikap
Materi                    : Teks  eksposisi tentang budaya wewaler

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
Oni








2
Dian








1.    3
Nurhayati








2.    4
Sapari








3.    5










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang








Penilaian Diri

No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1
 Oni












2
 Dian












3
 Nurhayati












4
 Sapari












5













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.
Lampiran  : Penilaian Pribadi

Nama                     : ______________________________
Kelas                      : ______________________________
Semester                : ______________________________
Waktupenilaian       : ______________________________

Petunjuk:
Berilah tanda silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh siswa)
No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Saya akan berusaha belajar Teks  eksposisi tentang budaya wewaler


2
Saya belajar membuat  Teks  eksposisi tentang budaya wewaler dengan bahasa sendiri


3
Saya mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh


4
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


5
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


6
Saya aktif dalam mencari informasi tentang Teks  eksposisi tentang budaya wewaler


7
Saya menghadapi keunikan berbagai jenis Teks  eksposisi tentang budaya wewaler Teks  eksposisi tentang budaya wewaler


8
Saya menghargai keunikan Teks  eksposisi tentang budaya wewaler yang dibuat oleh teman saya


9
Saya tidak malu untuk menyajikan Teks  eksposisi tentang budaya wewaler yang saya buat


10
Saya berusaha mempresentasikan Teks  eksposisi tentang budaya wewaler di depan kelas




Rerata = (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
          
                             10
Keterangan
A = Sangat Baik ( 4 )
B = Baik            ( 3 )
C = Cukup        ( 2 )
D = Kurang       ( 1 )

PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberiskor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara  0  sampai 10.

No
Siswa
Sikap
Jml
Skor
Rata-rata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst














Lampiran  : Penilaian Antar Teman

Nama teman yang dinilai   : ______________________________
Nama penilai                      : ______________________________
Kelas                                  : ______________________________
Semester                            : ______________________________
Waktu penilaian                  : ______________________________


Petunjuk:
Berilah tanda silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh siswa)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
1
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian


3
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5
Berperan aktif dalam kelompok


6
Menyerahkan tugas tepat waktu


7
Menghargai keunikan Teks  eksposisi tentang budaya wewaler


8
Menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


9
Menghormati dan menghargai teman


10
Menghormati dan menghargai guru





Rerata = (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
                                        10
Keterangan
A = Sangat Baik ( 4 )
B = Baik            ( 3 )
C = Cukup        ( 2 )
D = Kurang       ( 1 )

PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberiskor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0  sampai 10.
No
Siswa
Sikap
Jml
Skor
Rerata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst














Pedoman Penskoran
Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.      Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

2.      Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

3.      Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

4.      Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4

5.      Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Nilai
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
NILAI MAKSIMAL

4



                                                                                                Cilacap, Januari 2015

Kepala SMA Negeri 3 Cilacap                                       Guru Mata Pelajaran


Supangat, S.Pd, M.M                                                      Mugiarso, S.Pd
NIP 19590405 198203 1 015                                            NIP 19831204 200903 1 005






Tidak ada komentar:

Posting Komentar