RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 3 CILACAP
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XII/Gasal
Materi Pokok : Teks Ekposisi tentang budaya
wewaler.
Alokasi waktu : 4x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam
bentuk teks eksposisi tentang budaya
wewaler
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks eksposisi
tentang gamelan secara.
3.4
Menelaah isi teks eksposisi tentang gamelan.
4.4 Menulis teks eksposisi tentang gamelan.
C.
Indikator
Pembelajaran
1.4.1
Menerima anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
eksposisi tentang budaya wewaler
1.4.2
Mensyukuri anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
eksposisi tentang budaya wewaler
1.4.3
Menghayati dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks eksposisi tentang
budaya wewaler
2.4.1
Menunjukkan perilaku
jujur dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks
eksposisi tentang budaya wewaler
2.4.2
Disiplin dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks
eksposisi tentang budaya wewaler
2.4.3
Tanggung jawab dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks
eksposisi tentang budaya wewaler
3.4.1 Peduli dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks eksposisi tentang budaya
wewaler
3.4.2 Santun dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks
eksposisi tentang budaya wewaler
3.4.3 Responsif dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks
eksposisi tentang budaya wewaler
4.4.1
Memroduksi teks
eksposisi tentang budaya wewaler
4.4.2
Menyunting teks
eksposisi tentang gamelan karya teman.
4.4.3
Menyajikan teks eksposisi tentang budaya wewaler
D.
Materi Pembelajaran
a.
Pangertene teks
eksposisi
Teks eksposisi yaiku
wacana kang isine mbeberake prastawa utawa barang kanthi proses supaya sing
maca ngerti wujude.
Teks eksposisi tentang budaya wewaler yaiku wacana
kang mbeberake dumadine wewaler.
E.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : teks eksposisi ngenani budaya
wewaler.
Alat Pembelajaran :
LCD dan Laptop
Sumber
belajar :
1.Widaryatmo,Gandung
dkk.2013.Prigel Basa Jawa .Jakarta:Erlangga
2. LKS BAHASA
JAWA MGMP KAB. CILACAP
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan
dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
|
10
menit
|
(kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
Peserta didik dibagi
menjadi 5 kelompok
·
Peserta didik membaca teks eksposisi tentang budaya wewaler.
·
Peserta
didik mencermati bentuk teks eksposisi gamelan.
Menanya
·
Peserta
didik diberi kesempatan mempertanyakan kata-kata yang
sulit dalam teks eksposisi tentang budaya wewaler
·
Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi tentang budaya wewaler
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyimpulkan karakteristik teks
eksposisi tentang budaya wewaler
|
20
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan karasteristik teks eksposisi tentang budaya wewaler
·
Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya tentang bentuk teks eksposisi tentang budaya wewaler dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk memahami isi
teks eksposisi tentang gamelan
·
Siswa menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi
dan motivasi
· Contoh teks eksposisi tentang budaya
wewaler baru digunakan sebagai stimulan
dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
|
10 menit
|
kegiatan Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
·
Membaca teks baru
tentang
eksposisi budaya wewaler.
·
Menemukan kata-kata sulit dalam teks baru tentang deskripsi pakaian adat jawa
·
Menanggapi dan memahami isi teks eksposisi tentang budaya wewaler
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan isi teks
eksposisi tentang budaya wewaler
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
·
Tanya jawab tentang Teks eksposisi tentang budaya wewaler Siswa menerima informasi
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi dan motivasi
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
·
Membaca Teks eksposisi tentang budaya wewaler
·
Menemukan kata-kata sulit dalam Teks eksposisi tentang budaya
wewaler
·
Menanggapi dan memahami isi Teks eksposisi tentang budaya wewaler
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan isi yang
terkandung dalam Teks eksposisi tentang budaya wewaler
·
Guru bersama-sama peserta
didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah
dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan
4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.Siswa menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Tanya jawab tentang
Teks
eksposisi tentang budaya wewaler
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
. Mengkomunikasikan
·
Menyajikan secara lisan atau tulisan teks eksposisi tentang budaya wewaler yang
ditulis.
·
Peserta didik menyunting hasil pekerjaan
teman tentang teks eksposisi tentang budaya
wewaler.
·
Peserta didik memberi tanggapan tentang
hasil pekerjaan teman tentang teks
eksposisi tentang budaya wewaler.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Guru dan siswa memberikan kesimpulan tentang
Teks
eksposisi tentang budaya wewaler
·
Memberi tugas untuk
menyusun teks eksposisi tentang budaya
wewaler di SMA Negeri 3 CILACAP
secara berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
|
20 menit
|
G. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
a. Kompetensi
Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian diri
b. Kompetensi
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
c. Kompetensi
Keterampilan:
·
Tes praktik,
·
Projek, dan
·
Portofolio.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3.
Pedoman
penskoran
Lampiran 1
a. Penilaian Sikap
Observasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Program :
X/ IPA-IPS-BAHASA
Kompetensi :
Sikap
Materi : Teks eksposisi tentang budaya
wewaler
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Pribadi
|
Sikap Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Jujur
|
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1
|
Oni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Dian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. 3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. 4
|
Sapari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. 5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
4.
Sangat baik
3.
Baik
2.
cukup
1.
Kurang
Penilaian
Diri
No.
|
Sikap
Nama
|
Keterbukaan
|
Ketekunan
belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang
rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah
dengan teman
|
Hormat
pada
orang
tua
|
Kejujuran
|
Menepati
janji
|
Kepedulian
|
Tanggung
jawab
|
1
|
Oni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Dian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sapari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian
sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat
kurang;
2 = kurang
konsisten;
3 = mulai
konsisten;
4 = konsisten;
dan
5 = selalu
konsisten.
.
Lampiran : Penilaian Pribadi
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Semester : ______________________________
Waktupenilaian : ______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh
siswa)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya akan berusaha belajar Teks eksposisi tentang budaya wewaler
|
|
|
2
|
Saya belajar membuat Teks
eksposisi tentang budaya wewaler dengan bahasa sendiri
|
|
|
3
|
Saya mengikuti
pembelajaran dengan sungguh-sungguh
|
|
|
4
|
Saya mengerjakan
tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
5
|
Saya mengajukan
pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
6
|
Saya aktif
dalam mencari informasi tentang
Teks eksposisi tentang budaya wewaler
|
|
|
7
|
Saya menghadapi keunikan berbagai jenis Teks
eksposisi tentang budaya wewaler Teks
eksposisi tentang budaya wewaler
|
|
|
8
|
Saya menghargai keunikan Teks eksposisi
tentang budaya wewaler yang dibuat oleh teman saya
|
|
|
9
|
Saya tidak malu untuk menyajikan Teks
eksposisi tentang budaya wewaler yang saya buat
|
|
|
10
|
Saya berusaha mempresentasikan Teks
eksposisi tentang budaya wewaler di depan kelas
|
|
|
Rerata
= (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
10
Keterangan
A
= Sangat Baik ( 4 )
B
= Baik ( 3 )
C
= Cukup ( 2 )
D
= Kurang ( 1 )
PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan
pilihan “Tidak” diberiskor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah
skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
|
Siswa
|
Sikap
|
Jml
Skor
|
Rata-rata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran : Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai :
______________________________
Nama penilai :
______________________________
Kelas : ______________________________
Semester :
______________________________
Waktu
penilaian :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (√) sesuai dengan kondisipesertadidik.(Diisioleh
siswa)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
|
|
|
3
|
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
4
|
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
5
|
Berperan aktif dalam kelompok
|
|
|
6
|
Menyerahkan tugas tepat waktu
|
|
|
7
|
Menghargai keunikan Teks eksposisi tentang budaya wewaler
|
|
|
8
|
Menguasai dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan
baik
|
|
|
9
|
Menghormati dan menghargai teman
|
|
|
10
|
Menghormati dan menghargai guru
|
|
|
Rerata
= (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10) x 4
10
Keterangan
A
= Sangat Baik ( 4 )
B
= Baik ( 3 )
C
= Cukup ( 2 )
D
= Kurang ( 1 )
PedomanPenskoran:
Pilihan “Ya” diberi skor 1,
sedangkan pilihan “Tidak” diberiskor 0. Karena soal berjumlah 10 butir, maka jumlah
skor berkisar antara 0 sampai 10.
No
|
Siswa
|
Sikap
|
Jml
Skor
|
Rerata
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran
Pedoman Penskoran penilaian
pengetahuan
1. Soal
nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
2. Soal
nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
3. Soal
nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab dengan benar dan
sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
4. Soal
nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang
benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
5. Soal
nomor 5
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar
dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang
benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
|
4
|
Cilacap,
Januari 2015
Kepala SMA Negeri 3 Cilacap Guru Mata
Pelajaran
Supangat,
S.Pd, M.M Mugiarso,
S.Pd
NIP
19590405 198203 1 015 NIP 19831204
200903 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar