MGMP Bahasa Jawa SMA-SMK adalah organisasi tempat berhimpunnya segenap guru bahasa Jawa SMA-SMK di Jawa Tengah. Wadah ini merupakan wahana berkomunikasi dan mengasah keterampilan para guru bahasa Jawa dalam meningkatkan kompetensi dan mutu pengajaran, serta sebagai upaya membangun masa depan bangsa melalui pengembangan bahasa, budayaJawa, dan penanaman nilai budi pekerti kepada generasi muda, terutama dalam menghadapi tekanan serta pengaruh negatif globalisasi.

Senin, 02 Januari 2017

SILABUS BAHASA JAWA SEMESTER 2 KELAS X



SILABUS
Nama Sekolah       : SMA N 2 Kendal
Mata pelajaran     : Bahasa Jawa
Kelas /semester     : X / Genap
Program                : Semua Program
Tahun Pelajaran  : 2016/2017

KI 1       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2                        : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3                        : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4                        : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.

Mengamati
· membaca contoh teks Serat
Wedhatama pupuh Sinom
· mencermati uraian yang
berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan Serat Wedhatama pupuh Sinom
Menanya
· mempertanyakan unsur-unsur pembangun Serat Wedhatama pupuh Sinom
· membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks
Serat Wedhatama pupuh Sinom
Mengumpulkan informasi
· menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Sinom
· menulis syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan syair
tembang Sinom tulisan teman
· menganalisis unsur-unsur pembangun
Mengkomunikasikan
· menyajikan secara lisan atau
tulisan tembang Sinom yang ditulis
· memberi tanggapan isi dengan bahasa sendiri Serat Wedhatama pupuh Sinom
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks Serat Wedhatama pupuh Sinom
· secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks Serat Wedhatama pupuh Sinom secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa
Proyek : menulis syair tembang Sinom
Praktik : menyajikan syair
tembang Sinom yang ditulis
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Buku Bahasa Jawa
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.

3.1    Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
Wedhatama Pupuh
Sinom
· guru gatra, guru lagu,
dan guru wilangan
· unsur pembangun teks
· nilai-nilai dalam wedhatama
· relevansi pitutur luhur dengan kondisi masyarakat saat ini
· tanggapan isi teks
· Teknik penulisan tembang Sinom
· Teknik penyuntingan tembang Sinom
· Teknik penyajian tembang Sinom secara lisan atau tulisan
4.1    Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan menulis syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri, serta menyajikannya secara lisan/tulis.
1.2    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks crita wayang.

Mengamati
· membaca petikan teks crita wayang
Menanya
· mempertanyakan unsurunsur
pembangun crita wayang yang terdapat pada petikan teks crita
wayang
· membuat pertanyaan yang berhubungan dengan crita wayang
Mengumpulkan informasi
· menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam petikan teks crita wayang
· menemukan unsur pembangun crita wayang yang terdapat pada petikan teks crita wayang
Mengasosiasi
· Mengevaluasi relevansi pitutur luhur yang terdapat pada petikan teks crita wayang
· menganalisis unsur-unsur
pembangun
· menginterpretasi isi crita wayang yang terdapat pada petikan teks crita wayang
Mengkomunikasikan
· menceritakan kembali isi petikan teks crita wayang dengan menggunakan ragam bahasa sesuai konteks dan norma
· menanggapi penceritaan kembali isi petikan teks crita wayang dengan menggunakan ragam bahasa sesuai konteks dan norma
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami unsurunsur pembangun crita
wayang
· secara individual peserta
didik diminta menginterpretasi isi petikan teks crita wayang secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui petikan teks
crita wayang
Praktik: menceritakan kembali isi petikan teks crita
wayang
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks Cerita Wayang
· Buku Bahasa Jawa
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks crita wayang.

3.2    Memahami isi teks crita Mahabharata (Bima Bungkus).
Petikan Crita wayang
· unsur pembangun
· nilai yang terkandung
· relevansi pitutur
luhur
· cara menginterpretasi
isi,
· teknik menceritakan
kembali
· cara menanggapi
4.2    Menulis dan menyajikan sinopsis teks crita wayang teks Mahabharata (Bima Bungkus) dan menyajikannya.
1.3    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks pranatacara.

Mengamati
· membaca contoh teks panatacara
· mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah panatacara
Menanya
· mempertanyakan kawruh kagunan basa: yogyaswara, tembung entar, rura basa, panyandra, atau pepindhan
· membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks
panatacara
Mengumpulkan informasi
· menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam panatacara
Mengasosiasi
· menganalisis struktur dan kaidah
· mendiskusikan penggunaan
kawruh kagunan basa:
yogyaswara, tembung entar, rura basa, panyandra, atau pepindhan
Mengkomunikasikan
· membacakan teks panatacara sesuai dengan kaidah

2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks Pranatacara
· Buku Bahasa Jawa
2.3    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks pranatacara.

3.3    Menelaah teks pranatacara.
Teks Pranatacara:
· struktur dan kaidah
· kawruh kagunan basa:
yogyaswara, tembung entar, rura basa, panyandra, atau pepindhan
· pokok-pokok isi
· teknik membacakan
4.3    Membaca teknik
teks panatacara.
1.4    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa.

Mengamati
· membaca contoh teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa
· mencermati uraian yang berkaitan dengan pilihan kata dalam teks
Menanya
· mempertanyakan pokokpokok isi teks deskripsi
tentang makanan tradisional Jawa
· membuat pertanyaan yang
berhubungan dengan isi teks
deskripsi tentang makanan tradisional Jawa
· mempertanyakan penggunaan kawruh kagunan basa misalnya yogyaswara,
tembung entar, rura basa,
panyandra, atau pepindhan
Mengumpulkan informasi
· menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa
Mengasosiasi
· mendiskusikan relevansi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan kondisi masyarakat
· memberi tanggapan terhadap
isi dengan ragam sesuai konteks dan norma berbahasa
Mengkomunikasikan
· menceritakan kembali isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa menggunakan ragam bahasa sesuai konteks dan norma berbahasa
· menanggapi penceritaan
kembali isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa menggunakan ragam bahasa sesuai konteks dan norma berbahasa
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa
· secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa secara lisan maupun tulisan
· Observasi,: mengamati
perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks deskripsi
tentang makanan tradisional
Jawa lisan maupun tulisan
Praktik : menceritakan
kembali isi teks deskripsi
tentang makanan tradisional
Jawa
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp

· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
·  Teks Budaya Mitoni/
Tingkeban rumah adat Jawa
· Buku Bahasa Jawa
2.4    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa.

3.4    Memahami teks deskriptif tentang makanan tradisional  Jawa.
Teks Deskripsi tentang
Makanan tradisional
Jawa
· pokok-pokok isi
· kawruh kagunan basa
misalnya yogyaswara,
tembung entar, rura basa,
panyandra, atau
pepindhan
· nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
dan relevansi dengan
kondisi masyarakat

· cara menanggapi isi
· cara menceritakan
Kembali
4.4    Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif tentang makanan tradisional  Jawa.
1.5    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks 2 (dua) paragraf aksara Jawa.

Mengamati
· membaca contoh teks dua paragraf aksara Jawa yang mengitegrasikan aksara angka mencermati uraian yang berkaitan kaidah penulisan aksara Jawa
Menanya
· mempertanyakan kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami
Mengumpulkan informasi
· menemukan pokok-pokok isi
yang terkandung di dalam dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan aksara angka
· menulis teks dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan aksara angka dari wacana berhuruf latin
Mengasosiasi
· menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman · berdiskusi kaidah penulisan
aksara Jawa yang mengintegrasikan aksara angka
· Mengkomunikasikan
· menyajikan secara lisan atau tulisan dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan aksara angka yang ditulis
Tugas:
· para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah penulisan aksara Jawa
yang mengintegrasikan aksara angka
· secara individual peserta
didik diminta pokokpokok
isi paragraf aksara Jawa
Observasi,: mengamati
perilaku mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan santun
dalam pembelajaran
Proyek : menulis dua paragraf aksara Jawa yang
mengintegrasikan aksara angka
Tes Tertulis
2 Mg x 2 jp
· Baoesastra Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan Djawi
· Teks Aksara Jawa
· Buku Bahasa Jawa
2.5    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks dua paragraf aksara Jawa.

3.5    Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua) paragraf yang menggunakan aksara angka.
Dua paragraf Aksara
Jawa:
· Kaidah penulisan aksara
Jawa dalam paragraf yang mengintegrasikan aksara angka
· pokok-pokok isi
· menulis paragraf aksara
Jawa
· teknik penyuntingan paragraf berhuruf Jawa
· teknik penyajian secara
lisan atau tulisan
4.5    Menulis dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan aksara angka.


Mengetahui                                                                                                                                                     Kendal, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran



Yuniasih, S. Pd, M.Pd                                                                   Dwi Syaeful M, S.Pd
NIP.196406221987032007                                                           NIP. 198609052011011010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar