SILABUS
Nama
Sekolah : SMA N 2 Kendal
Mata
pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas
/semester : X / Genap
Program
: Semua Program
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks Serat
Wedhatama pupuh
Sinom
· mencermati
uraian yang
berkaitan dengan guru
gatra, guru lagu, dan guru wilangan Serat Wedhatama pupuh Sinom
Menanya
· mempertanyakan
unsur-unsur pembangun Serat Wedhatama pupuh Sinom
· membuat
pertanyaan yang
berhubungan dengan
isi teks
Serat Wedhatama
pupuh Sinom
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di dalam Serat
Wedhatama pupuh Sinom
· menulis
syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri
Mengasosiasi
· menyunting
kesalahan syair
tembang Sinom tulisan teman
· menganalisis
unsur-unsur pembangun
Mengkomunikasikan
· menyajikan
secara lisan atau
tulisan tembang
Sinom yang ditulis
· memberi
tanggapan isi dengan bahasa sendiri Serat Wedhatama pupuh Sinom
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks Serat Wedhatama
pupuh Sinom
· secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks Serat
Wedhatama pupuh Sinom secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa
Proyek : menulis syair tembang Sinom
Praktik : menyajikan syair
tembang Sinom yang ditulis
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh
Sinom.
|
|||||
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Sinom.
|
Wedhatama Pupuh
Sinom
· guru gatra, guru lagu,
dan guru wilangan
· unsur
pembangun teks
· nilai-nilai
dalam wedhatama
· relevansi pitutur
luhur dengan kondisi masyarakat saat ini
· tanggapan
isi teks
· Teknik
penulisan tembang Sinom
· Teknik
penyuntingan tembang Sinom
· Teknik
penyajian tembang Sinom secara lisan atau tulisan
|
||||
4.1 Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Sinom dan
menulis syair tembang Sinom dengan bahasa sendiri, serta menyajikannya
secara lisan/tulis.
|
|||||
1.2 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks crita wayang.
|
Mengamati
· membaca
petikan teks crita wayang
Menanya
· mempertanyakan
unsurunsur
pembangun crita wayang
yang terdapat pada petikan teks crita
wayang
· membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan crita wayang
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
nilai-nilai yang terkandung di dalam petikan teks crita wayang
· menemukan
unsur pembangun crita wayang yang terdapat pada petikan teks crita
wayang
Mengasosiasi
· Mengevaluasi
relevansi pitutur luhur yang terdapat pada petikan teks crita wayang
· menganalisis
unsur-unsur
pembangun
· menginterpretasi
isi crita wayang yang terdapat pada petikan teks crita
wayang
Mengkomunikasikan
· menceritakan
kembali isi petikan teks crita wayang dengan menggunakan ragam bahasa
sesuai konteks dan norma
· menanggapi
penceritaan kembali isi petikan teks crita wayang dengan menggunakan
ragam bahasa sesuai konteks dan norma
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami unsurunsur pembangun crita
wayang
· secara
individual peserta
didik diminta menginterpretasi
isi petikan teks crita wayang secara lisan maupun tulisan
Observasi,: mengamati perilaku
mulia, percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa melalui petikan
teks
crita wayang
Praktik: menceritakan kembali isi petikan teks crita
wayang
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks Cerita
Wayang
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks crita wayang.
|
|||||
3.2 Memahami isi teks crita Mahabharata (Bima Bungkus).
|
Petikan Crita wayang
· unsur pembangun
· nilai yang terkandung
· relevansi pitutur
luhur
· cara menginterpretasi
isi,
· teknik menceritakan
kembali
· cara menanggapi
|
||||
4.2 Menulis dan menyajikan sinopsis teks crita wayang teks
Mahabharata (Bima Bungkus) dan menyajikannya.
|
|||||
1.3 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks pranatacara.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks panatacara
· mencermati
uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah panatacara
Menanya
· mempertanyakan
kawruh kagunan basa: yogyaswara, tembung entar, rura basa, panyandra,
atau pepindhan
· membuat
pertanyaan yang
berhubungan dengan
isi teks
panatacara
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
pokok-pokok isi
yang terkandung di
dalam panatacara
Mengasosiasi
· menganalisis
struktur dan kaidah
· mendiskusikan
penggunaan
kawruh kagunan basa:
yogyaswara, tembung
entar, rura basa,
panyandra, atau pepindhan
Mengkomunikasikan
· membacakan
teks panatacara sesuai dengan kaidah
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks
Pranatacara
· Buku Bahasa Jawa
|
||
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks pranatacara.
|
|||||
3.3 Menelaah teks pranatacara.
|
Teks Pranatacara:
· struktur dan
kaidah
· kawruh
kagunan basa:
yogyaswara, tembung entar,
rura basa, panyandra, atau pepindhan
· pokok-pokok
isi
· teknik membacakan
|
||||
4.3
Membaca
teknik
teks panatacara.
|
|||||
1.4 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang makanan
tradisional Jawa.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa
· mencermati
uraian yang berkaitan dengan pilihan kata dalam teks
Menanya
· mempertanyakan
pokokpokok isi teks deskripsi
tentang makanan
tradisional Jawa
· membuat
pertanyaan yang
berhubungan dengan
isi teks
deskripsi tentang
makanan tradisional Jawa
· mempertanyakan
penggunaan kawruh kagunan basa misalnya yogyaswara,
tembung entar, rura
basa,
panyandra, atau pepindhan
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
nilai-nilai yang
terkandung di dalam
teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa
Mengasosiasi
· mendiskusikan
relevansi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan kondisi masyarakat
· memberi
tanggapan terhadap
isi dengan ragam
sesuai konteks dan norma berbahasa
Mengkomunikasikan
· menceritakan
kembali isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa menggunakan ragam
bahasa sesuai konteks dan norma berbahasa
· menanggapi
penceritaan
kembali isi teks
deskripsi tentang makanan tradisional Jawa menggunakan ragam bahasa sesuai
konteks dan norma berbahasa
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan isi teks deskripsi tentang makanan
tradisional Jawa
· secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks deskripsi
tentang makanan tradisional Jawa secara lisan maupun tulisan
· Observasi,: mengamati
perilaku mulia,
percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam menggunakan
bahasa
Jawa melalui teks
deskripsi
tentang makanan
tradisional
Jawa lisan maupun
tulisan
Praktik : menceritakan
kembali isi teks
deskripsi
tentang makanan
tradisional
Jawa
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks Budaya
Mitoni/
Tingkeban rumah adat
Jawa
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks deskripsi tentang makanan
tradisional Jawa.
|
|||||
3.4 Memahami teks deskriptif tentang makanan tradisional Jawa.
|
Teks Deskripsi tentang
Makanan tradisional
Jawa
· pokok-pokok isi
· kawruh kagunan basa
misalnya yogyaswara,
tembung entar, rura basa,
panyandra, atau
pepindhan
· nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
dan relevansi dengan
kondisi
masyarakat
·
cara menanggapi
isi
· cara menceritakan
Kembali
|
||||
4.4 Menanggapi dan menceritakan kembali isi teks deskriptif
tentang makanan tradisional Jawa.
|
|||||
1.5 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan
anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks 2 (dua) paragraf aksara
Jawa.
|
Mengamati
· membaca
contoh teks dua paragraf aksara Jawa yang mengitegrasikan aksara angka
mencermati uraian yang berkaitan kaidah penulisan aksara Jawa
Menanya
· mempertanyakan
kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami
Mengumpulkan
informasi
· menemukan
pokok-pokok isi
yang terkandung di
dalam dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan aksara angka
· menulis teks
dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan aksara angka dari
wacana berhuruf latin
Mengasosiasi
· menyunting
kesalahan aksara Jawa tulisan teman · berdiskusi kaidah penulisan
aksara Jawa yang mengintegrasikan
aksara angka
· Mengkomunikasikan
· menyajikan
secara lisan atau tulisan dua paragraf aksara Jawa yang
mengintegrasikan aksara angka yang ditulis
|
Tugas:
· para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah penulisan aksara Jawa
yang
mengintegrasikan aksara angka
· secara
individual peserta
didik diminta
pokokpokok
isi paragraf aksara Jawa
Observasi,: mengamati
perilaku mulia,
percaya diri,
tanggung jawab, dan
santun
dalam pembelajaran
Proyek : menulis dua paragraf aksara Jawa yang
mengintegrasikan aksara
angka
Tes Tertulis
|
2 Mg x 2 jp
|
· Baoesastra
Djawa
· Wedhatama
· Tripama, KGPAA
Mangkoenegara IV
· Kapustakan
Djawi
· Teks Aksara
Jawa
· Buku Bahasa Jawa
|
|
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Jawa dalam bentuk teks dua paragraf aksara Jawa.
|
|||||
3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua)
paragraf yang menggunakan aksara angka.
|
Dua paragraf Aksara
Jawa:
· Kaidah
penulisan aksara
Jawa dalam paragraf yang
mengintegrasikan aksara angka
· pokok-pokok
isi
· menulis
paragraf aksara
Jawa
· teknik
penyuntingan paragraf berhuruf Jawa
· teknik
penyajian secara
lisan atau
tulisan
|
||||
4.5 Menulis dua paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan aksara
angka.
|
Mengetahui Kendal, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Yuniasih, S. Pd, M.Pd Dwi
Syaeful M, S.Pd
NIP.196406221987032007 NIP.
198609052011011010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar